Mengenal Gangguan Spektrum Autisme Pada Anak

January 28, 2023 | Kaifia

Mengenal Gangguan Spektrum Autisme Pada Anak

Autism Spectrum Disorder (ASD) atau Autisme adalah kelainan pada perkembangan otak dan saraf yang memengaruhi cara seseorang berperilaku, berbahasa serta cara komunikasi. Gangguan ini dimulai sejak awal masa kanak-kanak dan dapat bertahan hingga mereka beranjak ke usia dewasa. 

Karakteristik yang paling utama bagi anak autis yaitu kesulitan bersosialisasi dan mereka cenderung melakukan perilaku yang berulang-ulang, hal ini dikenal dengan sebutan stim. Perlu Anda ketahui bahwa gangguan ini merupakan sebuah spektrum dimana pengidap autisme alami intensitas dan frekuensi dari ciri-ciri autisme yang luas serta berbeda-beda.

Ciri autisme pada anak yang umum

Mayo Clinic melansir bahwa dalam beberapa kasus, anak dapat menunjukkan tanda-tanda dari gangguan autisme sejak awal bayi lalu saat mereka bertumbuh dalam tahun pertama kehidupan, anak bisa menjadi lebih agresif dan cenderung menarik diri dari lingkungannya. Tanda awal autisme dapat terlihat pada usia 2 tahun.

Anak dengan gangguan autisme juga cenderung alami kesulitan belajar dan beberapa dari mereka memiliki tanda-tanda kecerdasan yang lebih rendah dari anak normal pada umumnya sedangkan yang lainnya memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi namun kesulitan untuk berkomunikasi dan menyesuaikan dirinya saat berada di situasi sosial. 

YesDok Ads

Karakteristik Autisme Pada Anak antara lain

  • Memiliki minat tinggi pada subjek tertentu
  • Suka menjejerkan mainan
  • Perlu mengikuti rutinitas tertentu
  • Bisa menjadi marah jika adanya perubahan kecil di rutinitas
  • Cenderung menjadi hiperaktif
  • Memiliki reaksi emosi yang tidak biasa

Seiring beranjak ke usia dewasa, mereka dapat belajar untuk menjadi lebih menjadi aktif berinteraksi atau bersosialisasi dengan orang lain serta dapat menunjukkan sedikit perilaku dari autisme pada anak tersebut. Berikut adalah cara mengenal gangguan spektrum Autisme Pada Anak.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads