Mengenal Fase Manik Bipolar dan Gejalanya

July 02, 2022 | Kaifia

Seorang wanita sedang terlihat gelisah

Mania merupakan suatu kondisi dimana seseorang menunjukkan tingkat atau intensitas pada suasana hati dan perilaku secara berlebihan sehingga menimbulkan beberapa gejala intens seperti gangguan mood, pikiran yang membalap-balap dan perilaku ekstrim lainnya. 

Fase manik bipolar dapat menyebabkan perubahan mood yang ekstrim dan biasanya ditandai ketika seseorang merasa semangat dan penuh energi namun tak terkontrol sedangkan sebaliknya dengan fase depresif, mereka merasa sangat sedih dan putus asa. 

Gejala

Mayo clinic melansir ada beberapa jenis bipolar dan gangguan terkait lainnya. Mereka bisa termasuk mania atau hipomania dan depresi. 

Gangguan bipolar I

Anda pernah mengalami setidaknya episode manik yang mungkin diikuti oleh episode hipomanik atau depresi mayor.

Gangguan bipolar II 

Setidaknya pernah mengalami satu episode depresif berat dan sekali episode hipomanik namun belum pernah mengalami episode manik.

YesDok Ads

Gangguan siklotimik

Anda memiliki setidaknya dua atau satu tahun pada anak-anak dan remaja. Dari banyak periode gejala hipomania dan gejala depresi.

Umumnya, gangguan bipolar manik bisa dikategorisasikan oleh beberapa ciri dibawah ini

  • Perubahan mood secara signifikan
  • Pengembangan psikosis
  • Perubahan pola pikir
  • Menjadi sangat berenergi secara tiba-tiba
  • Gangguan bicara

Meskipun gangguan bipolar dapat terjadi pada usia berapapun, biasanya diagnosis pada usia remaja atau awal 20-an. Gejala bipolar bisa berbeda bagi setiap orang dan gejalanya juga dapat bervariasi dari waktu ke waktu. 

Kapan perlu berkonsultasi ke dokter?

Jika Anda memiliki gejala bipolar (depresi atau mania), temui dokter atau profesional kesehatan.

Mendapatkan perawatan dari terapis dalam gangguan bipolar bisa membantu mengendalikan gejala dan menjadi lebih sedikit mudah untuk menjalani aktivitas keseharian. Konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter terpercaya melalui video call, hubungi dokter-dokter Yesdok Indonesia.

YesDok Ads