Mengenal Elektrokardiogram dan Penyebab Hasilnya yang Abnormal

July 05, 2021 | Kaifia

Elektrokardiogram

Elektrokardiogram atau yang sering disebut dengan EKG merupakan tes yang digunakan oleh dokter untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung.

Hal tersebut membantu mencari apabila seseorang memiliki kondisi jantung yang mendasarinya seperti serangan jantung atau aritmia yang berbahaya.

EKG yang berada pada ukuran yang tidak normal bisa menyebabkan kelainan variasi dari ritme jantung. 

EKG abnormal mampu menandakan keadaan darurat kesehatan medis tertentu yang bisa berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan.

Seorang dokter atau profesional medis yang terlatih dalam membaca elektrokardiogram mampu menafsirkan bacaan lebih lanjut untuk menentukan apakah diperlukan perawatan intensif selanjutnya.

Penyebab EKG menjadi abnormal

Kebanyakan kasus, pembacaan EKG yang abnormal tidak selalu berkaitan dengan indikasi jantung yang tidak sehat tetapi kelainan pada EKG adalah variasi normal dari ritme jantung.

Pada tahun 2015, para penelitian menemukan bahwa atlet olahraga secara teratur memperoleh pembacaan EKG yang abnormal. Hal tersebut membuat peneliti mengatakan kalau sebagian besar hasil ini tidak berbahaya dan faktor adaptasi orang tersebut terhadap aktivitas fisik yang berpengaruh.

Berikut adalah beberapa faktor alasannya

YesDok Ads

Irama jantung yang tidak teratur

Walaupun berbeda bagi setiap orang, jantung secara umum menjaga ritme yang stabil. Secara fisik, seseorang mungkin merasakan perubahan dalam ritme ini seperti detak jantung yang seolah-olah terasa berdebar.

Detak jantung tidak teratur

Umumnya, jantung manusia berdetak sekitar 60-100 detak per menit. Jantung yang berdetak lebih cepat atau lebih lambat ini mengindikasikan gangguan kesehatan. Dokter akan menjalankan tes lebih lanjut untuk menemukan penyebab yang mendasarinya.

Efek samping pengobatan

Beberapa pengobatan tertentu bisa menyebabkan pembacaan EKG yang abnormal. Seseorang yang ingin melakukan tes EKG perlu mendiskusikan obat yang mereka pakai kepada dokter. Kemungkinan obat yang mereka konsumsi dapat menyebabkan gejala, dokter akan merekomendasikan alternatif.

Pilihan pengobatan 

Opsi pengobatan terhadap pembacaan EKG yang abnormal tergantung pada kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti detak jantung yang sangat lambat dimana jantung tidak menghantarkan sinyal listrik dalam urutan yang benar. Mereka sangat perlu alat pacu jantung yang membantu mengembalikan ritme yang lebih normal.

Siapapun yang mengalami serangan jantung akan membutuhkan perawatan yang intensif dengan kateterisasi jantung atau operasi untuk memungkinkan aliran darah kembali ke jantung.

YesDok Ads