Mengenal Diare yang Disebabkan oleh Virus Rotavirus

March 01, 2023 | Helmi

diare rotavirus

Rotavirus adalah virus yang sangat menular dan menyebabkan diare rotavirus. Sebelum pengembangan vaksin, sebagian besar anak telah terinfeksi virus setidaknya satu kali pada usia 5 tahun.

Biasanya Anda dapat mengobati infeksi ini di rumah dengan tambahan cairan untuk mencegah dehidrasi. Kadang-kadang, dehidrasi berat memerlukan penerimaan cairan melalui vena (intravena) di rumah sakit.

Kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan secara teratur, sangat penting untuk mencegah penyakit diare rotavirus. Tetapi vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi rotavirus.

Gejala

Infeksi diare rotavirus biasanya dimulai dalam dua hari setelah terpapar virus. Gejala awal adalah demam dan muntah-muntah, diikuti dengan diare cair selama tiga sampai tujuh hari. Infeksi juga dapat menyebabkan sakit perut.

Pada orang dewasa yang sehat, infeksi rotavirus hanya dapat menyebabkan tanda dan gejala ringan atau tidak sama sekali. Hubungi dokter anak Anda jika anak Anda:

  • Mengalami diare lebih dari 24 jam
  • Muntah sering
  • Memiliki feses berwarna hitam atau lembek atau feses yang mengandung darah atau nanah
  • Memiliki suhu 102 F (38,9 C) atau lebih tinggi
  • Tampak lelah, mudah tersinggung atau kesakitan
  • Memiliki tanda atau gejala dehidrasi, termasuk mulut kering, menangis tanpa air mata, sedikit atau tidak buang air kecil, kantuk yang tidak biasa, atau tidak responsif

Jika pada orang dewasa, hubungi dokter jika Anda:

  • Tidak bisa menahan cairan selama 24 jam
  • Mengalami diare lebih dari dua hari
  • Ada darah dalam muntahan atau buang air besar
  • Memiliki suhu lebih tinggi dari 103 F (39,4 C)
  • Memiliki tanda atau gejala dehidrasi, termasuk rasa haus yang berlebihan, mulut kering, sedikit atau tidak buang air kecil, sangat lemah, pusing saat berdiri, atau kepala terasa ringan

Penyebab

Diare rotavirus hadir dalam tinja orang yang terinfeksi dua hari sebelum gejala muncul dan hingga 10 hari setelah gejala berkurang. Virus menyebar dengan mudah melalui kontak tangan ke mulut selama ini - bahkan jika orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala.

YesDok Ads

Jika Anda menderita rotavirus dan Anda tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet - atau anak Anda menderita rotavirus dan Anda tidak mencuci tangan setelah mengganti popok anak Anda atau membantu anak Anda menggunakan toilet - virus dapat menyebar ke apa pun yang Anda sentuhan, termasuk makanan, mainan, dan perkakas. 

Jika orang lain menyentuh tangan Anda yang belum dicuci atau benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulutnya, infeksi dapat terjadi. Virus dapat tetap menular pada permukaan yang belum didesinfeksi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Dimungkinkan untuk terinfeksi rotavirus lebih dari sekali, bahkan jika Anda telah divaksinasi. Namun, infeksi berulang biasanya tidak terlalu parah.

Cara Mengobati

Tidak ada pengobatan khusus untuk infeksi diare rotavirus. Antibiotik dan antivirus tidak akan membantu infeksi rotavirus. Biasanya, infeksi sembuh dalam tiga sampai tujuh hari.

Mencegah dehidrasi adalah perhatian terbesar. Untuk mencegah dehidrasi saat virus menyebar, minumlah banyak cairan. Jika anak Anda mengalami diare parah, tanyakan kepada dokter Anda tentang pemberian cairan rehidrasi oral seperti Pedialyte atau Enfalyte - terutama jika diare berlangsung lebih dari beberapa hari.

Untuk anak-anak, cairan rehidrasi dapat menggantikan mineral yang hilang lebih efektif daripada air atau cairan lainnya. Dehidrasi parah mungkin memerlukan cairan infus di rumah sakit. Obat antidiare tidak dianjurkan untuk infeksi diare rotavirus.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads