Mengenal Beragam Jenis Donor Darah

June 13, 2022 | Helmi

donordarah

Donor darah adalah prosedur sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Bagi Anda yang belum tahu, ternyata ada beberapa jenis donor darah dan setiap jenis dapat memenuhi kebutuhan medis yang berbeda. Berikut ini adalah beragam jenis donor darah beserta beragam peruntukannya:

Donor darah lengkap

Ini adalah jenis donor darah yang paling umum, di mana Anda menyumbangkan sekitar satu liter (sekitar setengah liter) darah utuh. Darah kemudian dipisahkan menjadi komponen-komponennya – sel darah merah, plasma, dan terkadang trombosit.

Apheresis

Selama apheresis, Anda terhubung ke mesin yang dapat mengumpulkan dan memisahkan komponen darah, termasuk sel darah merah, plasma, dan trombosit, dan mengembalikan komponen yang tidak digunakan kembali kepada Anda.

Donasi trombosit (plateletpheresis) hanya mengumpulkan trombosit — sel yang membantu menghentikan pendarahan dengan menggumpal dan membentuk sumbat (pembekuan) di pembuluh darah.

Trombosit yang disumbangkan biasanya diberikan kepada orang-orang dengan masalah pembekuan darah atau kanker dan orang-orang yang akan menjalani transplantasi organ atau operasi besar.

YesDok Ads

Donor Sel Darah Merah

Donor sel darah merah ganda memungkinkan Anda untuk menyumbangkan jumlah sel darah merah yang terkonsentrasi. Sel darah merah mengantarkan oksigen ke organ dan jaringan Anda.

Sel darah merah yang disumbangkan biasanya diberikan kepada orang-orang dengan kehilangan darah yang parah, seperti setelah cedera atau kecelakaan, dan orang-orang dengan anemia sel sabit.

Donor Plasma

Donor plasma (plasmapheresis) mengumpulkan bagian cair dari darah (plasma). Plasma membantu pembekuan darah dan mengandung antibodi yang membantu melawan infeksi.

Plasma biasanya diberikan kepada orang-orang dalam situasi darurat dan trauma untuk membantu menghentikan pendarahan.

YesDok Ads