Mengenal Ablutophobia, Fobia Takut Mandi

June 15, 2020 | Aqiyu

Mandi

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh adalah dengan cara mandi. Apalagi ditengah pandemi wabah corona yang mewajibkam setiap orang untuk selalu mejaga kebersihan diri untuk mencegah penularan. Lalu bagaimana dengan orang yang mengidap ablutophobia?

Seperti mengutip dari Wikipedia, ablutophobia berasal dari Bahasa Latin abluto yang berarti mandi. Jadi, ablutophobia adalah ketakutan yang terus menerus dan tak bisa dikendalikan atas aktivitas mandi, mencuci muka, atau membersihkan tubuh. Fobia ini spesifik situasional. Ablutofobia sering terjadi pada anak kecil dan wanita. Hanya saja, ketakutan ini biasanya perlahan menghilang pada anak kecil begitu mereka belajar bahwa mandi bukanlah sesuatu yang harus ditakuti.

Adapun gejala yang bisa dilhat dari pengidap ablutophobia sebagai berikut:

  • Rasa panik, ketakutan, atau terteror Kesadaran bahwa rasa takut tersebut di luar batas normal yang seharusnya.
  • Degup jantung semakin cepat, napas pendek, gemetar, dan keinginan yang meluap untuk lari.
  • Hal-hal ekstrem dilakukan untuk menghindari hal tersebut.

Bahkan penderita juga bisa menunjukkan gejala lain seperti bibir kering, mual, muntah, sesak napas, berkeringat, pusing hingga hilang kesadaran saat dipaksa untuk mandi, mencuci, dan membersihkan diri.

YesDok Ads

Parahnya lagi, penderita fobia ini pun akan merasa cemas saat memikirkan tentang mandi. Penyebab ablutophobia adalah traumatis terhadap peristiwa masa lalu, fobia ini juga berkembang dari ketakutan orang lain, perubahan fungsi otak dan kebiasan masa kecil.

Ada banyak cara untuk mengatasi fobia ini, penyembuhannya melibatkan profesional di bidang psikologi. Penderita Ablutofobia bisa mengikuti terapi Exposure-Based Cognitive Behavioral Therapy yang memungkinkan penderitanya diselidiki ketakutannya terhadap objek yang menyebabkan fobia (dalam hal ini air) dalam situasi yang terkontrol. Selain itu, penderita ablutofobia disarankan untuk mengonsumsi obat anti kecemasan.

(Foto: esnoticia) 

YesDok Ads