Mengenakan Masker Sebabkan Sakit Kepala, ini Alasannya

October 15, 2021 | Iman

Memakai masker

Mendapatkan vaksinasi adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dari terinfeksi oleh virus Covid-19. Tetapi memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sosial harus diikuti bahkan setelah divaksinasi.

Mencuci tangan dan menjaga jarak adalah hal yang mudah bagi semua orang, tetapi memakai masker dalam waktu lama dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit kepala. Benarkah demikian?

Masker telah banyak membantu dalam mengurangi penularan infeksi selama pandemi. Tetapi sekarang karena orang-orang keluar lebih lama, ada peningkatan jumlah keluhan sakit kepala terkait masker. Banyak orang mengeluh sakit kepala, tidak nyaman, dehidrasi dan disorientasi setelah lama memakai masker.

Mengenakan masker bahkan lebih sulit bagi orang yang menderita pilek, batuk, asma, alergi, dan ruam kulit. Tetapi sesuai pedoman pemerintah, orang harus mematuhi langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk keselamatan mereka sendiri dan orang lain.

Manfaat memakai masker lebih besar daripada ketidaknyamanan yang disebabkan oleh memakainya, jadi orang tidak perlu memikirkannya efek lainnya.

YesDok Ads

Mengenakan masker ketat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri pada sendi temporomandibular (TMJ), yang menghubungkan rahang bawah dengan bagian tengkorak lainnya. Masker dapat mengiritasi otot dan jaringan yang memungkinkan rahang Anda bergerak. Saraf yang mempengaruhi rahang dapat mengirimkan sinyal rasa sakit yang mungkin terasa seperti sakit kepala.

Tips mencegah sakit kepala akibat mengenakan masker

  • Hindari memakai masker yang ketat di belakang telinga. Masker yang lebih ketat menarik telinga Anda, yang dapat mengiritasi saraf di sekitarnya. Pertahankan masker yang lebih ketat dan lebih ketat ketika Anda berada dalam situasi berisiko tinggi.
  • Perhatikan posisi rahang dan gigi Anda. Stres dan kekhawatiran dapat menyebabkan otot rahang dan gigi mengepal. Rahang Anda harus rileks dan gigi tidak bersentuhan saat Anda santai.
  • Pertahankan postur yang baik. Nyeri TMJ juga bisa disebabkan oleh postur yang buruk, karena postur yang buruk meningkatkan ketegangan otot.
  • Lakukan beberapa peregangan leher

Apakah aman untuk melepas masker wajah?

Mungkin akan lebih aman untuk melepas masker jika diluar ruangan. Tetapi untuk saat ini, yang terbaik adalah tetap memakai masker meskipun sudah divaksinasi lengkap.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads