Mengatasi Sindrom Iritasi Usus Besar Dengan 5 Cara ini

January 15, 2020 | Kaifia

Seorang wanita sedang mengalami IBS.

Menjalani hidup dengan sindrom iritasi usus besar (IBS) bisa menghadirkan tantangan dan itu dapat memengaruhi kualitas hidup Anda. 

Sindrom iritasi usus besar menyebabkan ketidaknyamanan perut  dan perubahan pola pergerakan usus Anda, serta diare atau sembelit. Penyebab IBS sebagian besar tidak diketahui.

Namun, tampaknya ada pemicu umum untuk IBS, seperti makanan tertentu, stres, dan perubahan hormon, meskipun ini dapat bervariasi dari orang ke orang.

Mengetahui apa yang memicu dan memudahkan IBS Anda dapat membantu Anda menangani kondisi tersebut. Berikut adalah lima langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindari pemicu dan mengatasi IBS.

Ubah pola makan Anda

Membuat perubahan sederhana pada diet Anda sering dapat membantu meringankan gejala IBS Anda. Tidak ada diet IBS spesifik seperti itu, dan apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Perubahan terkait diet yang akan bekerja paling baik untuk Anda akan tergantung pada gejala dan reaksi Anda terhadap makanan tertentu.

Mengontrol stres

Stres dapat menyebabkan gangguan pada interaksi yang kompleks antara otak dan sistem pencernaan dan karenanya memperburuk gejala IBS. Gejala dapat membaik dengan memasukkan teknik relaksasi ke dalam hari-hari Anda. Latihan relaksasi yang teratur akan membantu Anda merasa mengendalikan gejala-gejala Anda.

Tingkatkan intensitas olahraga 

YesDok Ads

Meningkatkan stamina tubuh dengan berolahraga dapat membantu meringankan sindrom iritasi usus besar. Olahraga membantu menstimulasi kontraksi normal usus dan mengurangi stres, yang meredakan beberapa gejala IBS.

Mencoba obat IBS

Tidak jelas apa yang menyebabkan sindrom iritasi usus besar, sehingga perawatan bertujuan untuk meredakan gejala agar Anda dapat hidup senormal mungkin. Jika gejala Anda tidak berkurang dengan perubahan dalam pola makan, gaya hidup, dan tingkat stres Anda, dokter mungkin menyarankan Anda mencoba obat. 

Jalani terapi

Anda mungkin ingin mempertimbangkan terapi psikologis untuk membantu meningkatkan gejala Anda.

Profesional kesehatan menggunakan terapi perilaku kognitif (CBT) dan terapi psikodinamik untuk mengobati IBS.

CBT berfokus pada pikiran dan tindakan Anda, sementara terapi psikodinamik berkonsentrasi pada apa pengaruh emosi Anda terhadap gejala IBS Anda.

(Foto: hopkinsmedicine.org)

YesDok Ads