Mengapa Sering Merasa Lapar Setelah Bangun Tidur? Mungkin Ini Penyebabnya

January 28, 2021 | Helmi

lapar

Lapar adalah dorongan yang alami dari dalam tubuh. Tetapi tubuh kita umumnya tahu kapan waktunya makan atau kapan waktunya tidur. Bagi kebanyakan orang, rasa lapar dan nafsu makan memuncak di malam hari dan saat bangun di pagi hari.

Pastinya Anda pernah bertanya-tanya, mengapa Anda kerap terbangun dalam keadaan lapar padahal baru saja bangun tidur?

Sebagai informasi, tubuh Anda masih membakar kalori saat Anda tidur, tetapi kecuali Anda memiliki kondisi yang memerlukan perawatan, perut Anda tidak boleh keroncongan di malam hari.

Berikut ini beberapa penyebab mengapa Anda bangun dalam keadaan lapar.

Makan berlebihan sebelum tidur

Jika Anda tipe orang yang suka berat satu atau dua jam sebelum Anda pergi tidur, ini bisa menjadi alasan Anda bangun dengan rasa lapar.

Mengkonsumsi makanan, terutama yang tinggi pati dan gula tepat sebelum tidur menyebabkan lonjakan gula darah. Pankreas Anda kemudian melepaskan hormon yang disebut insulin, yang memberi tahu sel Anda untuk menyerap gula darah. Ini menyebabkan kadar gula darah turun, menyebabkan rasa lapar.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa makan di malam hari umumnya kurang mengenyangkan dibandingkan dengan makan di pagi hari.

Para ilmuwan merekomendasikan untuk hanya mengonsumsi camilan kecil yang padat nutrisi kurang dari 200 kalori tepat sebelum waktu tidur. Misalnya, minuman kaya protein sebelum tidur telah terbukti memuaskan rasa lapar dan meningkatkan metabolisme pagi hari.

Kurang tidur

Kurang tidur dikaitkan dengan kontrol gula darah yang buruk. Bahkan hanya beberapa malam tanpa tidur dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan tingkat ghrelin yang lebih tinggi, hormon yang bertanggung jawab untuk menghasilkan rasa lapar. Usahakan untuk tidur enam hingga delapan jam setiap malam untuk mencegah masalah ini.

Sindrom pramenstruasi (PMS)

PMS adalah suatu kondisi yang dapat memengaruhi kesehatan dan perilaku fisik, biasanya tepat sebelum haid dimulai. Ini diyakini disebabkan oleh perubahan kadar hormon.

Mengidam makanan, terutama camilan manis, adalah gejala yang umum terjadi, bersamaan dengan: kembung, dan kelelahan

Jika Anda memperhatikan perubahan nafsu makan atau terbangun dengan rasa lapar di malam hari tepat sebelum menstruasi, PMS bisa menjadi penyebabnya.

Haus

Haus sering disalahartikan sebagai rasa lapar. Dehidrasi membuat Anda lesu, yang bisa membuat Anda merasa lapar.

Jika Anda bangun dengan rasa lapar dan ingin makan sesuatu, cobalah minum segelas besar air dan tunggu beberapa menit untuk melihat apakah keinginan tersebut hilang. Pastikan Anda tetap terhidrasi sepanjang hari.

Stres

Stres terkenal menyebabkan mengidam makanan. Saat tingkat stres meningkat, tubuh Anda melepaskan hormon tertentu, seperti kortisol.

Stres menyebabkan gula dilepaskan ke aliran darah Anda untuk energi cepat. Yoga, meditasi, dan latihan pernapasan adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres dan lonjakan gula darah setelah makan.

(Foto: Medical News Today)

YesDok Ads