Mengapa Refluks Asam atau GERD Sebabkan Mual?

March 19, 2021 | Claudia

Mual

Masalah asam lambung dialami oleh banyak orang. Kemudian hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah masalah asam lambung bisa menyebabkan mual hingga muntah? Penyakit asam lambung, atau yang juga dikenal dengan refluks asam atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dialami oleh banyak orang. Bagaimana penyakit asam lambung bisa membuat seseorang mual hingga muntah?

Pertama-tama, kita harus memahami apa itu GERD. Esofagus atau kerongkongan merupakan organ berbentuk pipa yang menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Terkadang, makanan yang kita konsumsi bisa kembali ke kerongkongan, alih-alih turun menuju lambung atau perut. Gerakan makanan yang mundur kembali ke kerongkongan ini disebut refluks. Biasanya disertai dengan gejala lain, seperti mulas, sensasi terbakar di dada, mual, dan muntah.

GERD merupakan bentuk parah dari refluks asam. Alasan utama terjadinya kondisi ini merupakan gangguan pencernaan makanan. Konsumsi makanan yang sangat berat dan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan, yang tak jarang menyebabkan muntah. Langsung beraktivitas berat setelah makan juga bisa menyebabkan muntah. Berbaring atau membungkuk setelah makan pun bisa menyebabkan muntah.

Makanan yang Anda telan didorong ke dalam perut oleh otot esofagus. Begitu makanan memasuki perut, esofagus secara otomatis akan ditutup oleh gerakan dari sejumlah otot. Jika kerongkongan atau esofagus tidak menutup, makanan akan rawan mengalir berbalik menuju kerongkongan,sehingga menyebabkan mual atau muntah, yang terkait dengan kondisi mulas.

YesDok Ads

Pada wanita hamil, kondisi refluks asam sangat umum terjadi. Ini akibat adanya peningkatan hormon dan tekanan dari janin di dalam rahim. Namun setelah melahirkan, kondisi ini cenderung hilang.

Beberapa kebiasaan umum, seperti konsumsi alkohol, kopi, atau cokelat, juga bisa menjadi alasan terjadinya refluks asam. Obesitas seringkali dapat menyebabkan kondisi refluks. Bahkan merokok juga bisa menyebabkan kondisi ini.

Perubahan gaya hidup, mengontrol makananan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh, dan mengelola stres merupakan apa yang dibutuhkan bagi penderita refluks asam atau GERD. Jika hal-hal ini terus Anda abaikan, maka jangan heran jika Anda terus diganggu perasaan mual atau bahkan ingin muntah ketika refluks asam atau GERD kambuh.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads