Mengapa Rambut Rontok Dapat Terjadi Setelah Alami Penurunan Berat Badan ?

January 12, 2022 | Kaifia

Rambut rontok

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh penurunan berat badan bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan.

Namun, kondisi ini sebenarnya hanya terjadi sementara ketika seseorang kehilangan berat badan melalui diet tertentu atau operasi penurunan berat badan. Kadar stres yang tinggi serta kekurangan nutrisi mungkin bisa menjadi salah satu penyebabnya. 

Jenis kerontokan rambut ini umumnya dikenal dengan telogen effluvium dan merupakan penyebab umum kerontokan rambut. Biasanya, terjadi sekitar 3-4 bulan setelah penurunan berat badan dan berlangsung hingga sekitar 6 bulan. 

Melansir dari medicalnewstoday.com, berikut adalah beberapa penyebab dari telogen effluvium

  • Kehilangan berat badan secara signifikan 
  • Tingkat stres yang tinggi 
  • Demam tinggi
  • Menjalani operasi
  • Melahirkan 

Mengapa rambut rontok bisa terjadi setelah penurunan berat badan? 

Kerontokan rambut selama penurunan berat badan umumnya disebabkan oleh kekurangan nutrisi serta efek lain dari penurunan berat badan secara tiba-tiba pada tubuh. 

Rambut rontok itu sendiri tidak berbahaya namun penyebab yang mendasari kerontokan rambut setelah penurunan berat badan dapat menjadi indikator kondisi tertentu.

YesDok Ads

Contohnya, kekurangan nutrisi dan pembatasan kalori yang ekstrem mampu menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius seperti anemia defisiensi besi, dan kehilangan massa otot.

Selain berpotensi menyebabkan kerontokan rambut, anemia defisiensi besi bisa menyebabkan gangguan fungsi otak, kondisi jantung, gejala depresi dan perubahan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Oleh karena itu, jika Anda alami kerontokan rambut, sangat penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. 

Pencegahan

Menjaga keseimbangan diet serta menghindari diet cepat kurus dapat membantu mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Apabila seseorang telah alami telogen effluvium tetapi tidak lagi berusaha untuk menurunkan berat badan, kemungkinan besar mereka akan menemukan kondisi tersebut teratasi pada waktunya setelah mengatasi kekurangan nutrisi.

YesDok Ads