Mengapa Depresi Membuat Anda Kelelahan?

January 01, 2020 | Kaifia

Wanita tampak mengalami depresi.

Depresi bisa menyebabkan kelelahan dan membuat aktivitas paling sederhana seperti bangun tidur, menjadi terlalu sulit. 

Penyebab kelelahan karena depresi

Orang dengan depresi lebih lebih mungkin mengalami kelelahan, dan orang dengan kelelahan kronis lebih cenderung mengalami depresi, menciptakan siklus yang bisa sulit untuk dipatahkan.

Penyebab potensial kelelahan depresi termasuk masalah tidur, diet, stres, dan bahkan obat yang digunakan untuk mengobati depresi.

Penyebab lainnya termasuk: 

Gangguan tidur

Tidur sangat penting untuk regenerasi tubuh dan mengisi energi. Kurang tidur saja mungkin tidak menyebabkan depresi, tetapi itu meningkatkan risiko dan dapat membuat gejala depresi yang ada lebih buruk.

Bahkan jika seseorang dengan depresi mendapatkan tidur yang cukup, mereka mungkin tidak bangun dengan perasaan segar karena kualitas tidur seringkali lebih rendah daripada yang dialami oleh orang yang tidak memiliki depresi.

Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang dengan depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya, seperti gangguan bipolar, mengalami insomnia dan hipersomnia.

Diet

Penelitian telah lama berspekulasi tentang apakah diet memengaruhi kesehatan mental. Sebuah meta-analisis baru-baru ini melihat beberapa penelitian untuk hubungan antara diet dan risiko depresi.

Laporan tersebut menemukan beberapa bukti bahwa diet berkualitas tinggi, seperti yang termasuk makanan anti-inflamasi, dapat menurunkan risiko beberapa orang untuk depresi. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Stres

Stres dapat memengaruhi kadar serotonin dan dopamin, yang merupakan bahan kimia di otak yang memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati dan energi.

YesDok Ads

Penelitian menunjukkan bahwa peristiwa kehidupan yang penuh tekanan dapat secara signifikan meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan depresi berat.

Peristiwa-peristiwa kehidupan yang penuh tekanan dapat mencakup akhir suatu hubungan, kematian orang yang dicintai, perubahan pekerjaan, dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan kesehatan, seperti diagnosis kanker.

Bagaimana menanganinya?

Berbicara dengan dokter

Cara terbaik untuk membantu mengatasi depresi dan kelelahan adalah berbicara dengan dokter. Sementara metode penanganan lain dapat membantu, diagnosis dan perawatan yang tepat sangat penting.

Dokter juga dapat membantu menentukan apakah kelelahan disebabkan oleh kondisi medis lain, atau apakah itu merupakan efek samping dari obat yang digunakan untuk mengobati depresi.

Berolahraga

Aktif berolahraga dapat mengurangi kelelahan dengan meningkatkan kualitas tidur. Satu meta-analisis menemukan bahwa melakukan latihan intensitas rendah hingga sedang selama lebih dari 20 menit dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

Meningkatkan kualitas tidur

Menerapkan kebiasaan tidur yang baik dapat membantu seseorang mengatasi kelelahan akibat depresi. Kebersihan tidur yang baik berarti memiliki kebiasaan tertentu yang meningkatkan kualitas tidur.

Memenuhi diet sehat

Sulit untuk makan dengan baik jika seseorang memiliki dengan motivasi rendah dan kurang nafsu makan. Namun, makan makanan yang tinggi lemak dan gula dapat memperburuk gejala dengan menyebabkan gula darah meningkat dan mengganggu tidur.

(Foto: simplemost.com)

YesDok Ads