Mengapa Cek Batas Normal Gula Darah Rutin Itu Penting?

April 26, 2022 | Claudia

Cek gula darah

Cek Batas Normal Gula Darah sangat penting untuk memantau bagaimana kondisi diabetes Anda, atau sebagai deteksi dini dari diabetes. Tak hanya itu, cek gula darah rutin juga bisa membantu Anda melihat makanan, obat-obatan, atau aktivitas mana saja yang dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. 

Glukometer dapat digunakan untuk menguji kadar gula darah. Alat ini bekerja dengan menganalisis sejumlah kecil darah, yang biasanya diambil dari ujung jari. Kadar gula darah kita terus berfluktuasi, untuk itu cek gula darah disarankan harus dilakukan secara rutin.

Memantau kadar gula darah secara rutin adalah salah satu cara penderita diabetes dapat mempelajari lebih lanjut tentang kondisi mereka. Dengan memeriksa kadar gula darah secara rutin, Anda juga akan tahu, kapan gula darah Anda menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang bagi penderita diabetes akan sangat berpengaruh terhadap gejala dan kondisinya.

Bagi seseorang yang tidak memiliki diabetes, pemeriksaan gula darah secara rutin dapat membantunya mengetahui kondisi kadar gula darah, sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan agar jangan sampai terkena diabetes.

Lalu, berapakah kadar gula darah normal bagi seseorang?

Menurut publikasi Kementerian Kesehatan, kadar gula darah dikatakan normal apabila:

  • Gula Darah Sewaktu (GDS) / tanpa puasa adalah < 200 mg/dL. 
  • Gula Darah Puasa (GDP) adalah < 126 mg/dL

Gula Darah Sewaktu atau GDS adalah pemeriksaan gula darah yang dapat diukur setiap saat tanpa memperhatikan kapan terakhir kali seseorang makan. Sementara Gula Darah Puasa atau GDP adalah pemeriksaan kadar gula darah yang dilakukan setelah seseorang tidak makan atau berpuasa selama sekitar 8 jam.

Yuk, mulai rutin cek gula darah, jangan sampai Anda telat dan berakibat pada masalah kesehatan yang tidak diinginkan!

(Foto: diabetes.co.uk)

YesDok Ads