Mengapa Bayi Mengeluarkan Terlalu Banyak Air Liur?

August 20, 2020 | Claudia

Bayi

Produksi liur berlebih memang kerap terjadi pada bayi, apalagi di saat gigi-gigi kecilnya mulai tumbuh. Akan tetapi, banyak orang tua bingung ketika bayi mereka mengeluarkan liur lebih banyak daripada biasanya.

Liur dikeluarkan oleh bayi dengan tujuan untuk menyingkirkan kuman dalam mulut mereka. Namun, ada beberapa kondisi di mana bayi akan lebih banyak mengeluarkan liur.

Anda boleh memeriksakan bayi Anda ke dokter jika kondisi mencurigakan terjadi pada bayi Anda, termasuk ketika bayi mengeluarkan liur lebih banyak daripada biasanya. Namun, ketahui terlebih dahulu beberapa kemungkinan mengapa bayi Anda memproduksi terlalu banyak air liur:

Infeksi

Ruam air liur atau infeksi dalam mulut juga bisa menjadi alasan di balik produksi liur berlebih pada bayi. Air liur merupakan obat alami untuk mengatasi banyak infeksi di mulut. Dan bahkan, kekebalan alami bayi dapat dipicu oleh infeksi mulut.

Tumbuh gigi

Air liur yang lebih banyak biasanya menjadi pertanda bahwa bayi akan segera tumbuh gigi. Saat gigi mulai tumbuh, ini membuat bayi ingin mengunyah apapun, sehingga membuat kelenjar liur menjadi lebih aktif dari biasanya. Inilah yang kemudian membuat bayi mengeluarkan liur lebih banyak dari sebelumnya.

YesDok Ads

Proses pertumbuhan

Setelah memasuki usia 3 bulan, bayi biasanya akan mulai mengeluarkan liur dalam jumlah yang lebih banyak. Ini merupakan proses pertumbuhan yang normal. Meskipun bayi belum akan tumbuh gigi sebelum ia memasuki usia 6 bulan, namun gigi-gigi akan mulai tumbuh di dalam gusi yang kemudian memicu kelenjar air liur untuk menjadi terlalu aktif.

Pencernaan

Air liur juga dapat berfungsi menetralkan asam lambung. Ini membantu bayi untuk menenangkan nyeri akibat kolik dan membantu sistem pencernaannya untuk lebih cepat pulih. Dan ini merupakan salah satu manfaat dari air liur pada bayi.

Memang, Anda tak perlu langsung panik jika bayi Anda mengeluarkan air liur lebih banyak daripada biasanya. Namun, jika Anda masih curiga dengan kondisi bayi Anda, maka Anda bisa segera membawanya ke dokter, untuk mencari tahu apa sebenarnya penyebab di balik produksi air liur yang berlebihan pada bayi.

(Foto: verywellhealth.com)

YesDok Ads