Mengandung Antioksidan, Kopi Berpotensi Cegah Paparan Covid-19

September 24, 2021 | Iman

Kopi

Kopi tidak hanya sekedar minuman, diyakini jika anda minum secangkir kopi di pagi hari bisa menjaga stamina tubuh. Lalu, minum secangkir kopi di sore hari bisa membantu agar mata tetap terjaga pada malam hari untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk. 

Namun, yang lebih menarik kopi ternyata banyak mengandung senyawa antioksidan sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Di berbagai penelitian di luar negeri, Guru Besar FTP UGM, Prof. Dr, Ir. Sri Anggrahini, M.S.,mengatakan kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan Covid-19. Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

“Meski mampu meningkatkan kekebalan tubuh, namun dianjurkan tidak mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik dan risiko kena sakit maag,” ucap Prof Sri.

Menurutnya, penelitian soal khasiat kopi ini perlu ditindaklanjuti agar bisa mendorong masyarakat kita gemar mengonsumsi kopi serta mengetahui batas aman mengonsumsi kopi sesuai dengan yang dianjurkan.

YesDok Ads

“Tidak hanya itu, kopi juga bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena covid atau tidak. Umumnya penderita covid mengalami gejala hilangnya indera penciuman atau anosmia. Kopi bisa digunakan untuk mendeteksi gejala tersebut karena memiliki rasa dan aroma yang kuat,”ungkap Prof Sri. 

Kopi hitam memang memiliki manfaat jika dikonsumsi dengan cara yang benar, selain itu minum kopi hitam punya manfaat kesehatan karena sarat dengan antioksidan dan nutrisi. 

Beberapa manfaat kesehatan dari minum kopi hitam diantaranya dapat meningkatkan memori, meningkatkan kinerja selama Olahraga hingga membantu menurunkan berat badan.

Kopi hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen karena dapat membakar lemak di perut dan merupakan minuman pembakar lemak. Kopi hitam juga merangsang sistem saraf yang memberi sinyal tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads