Mengalami Masalah Kesuburan? Ini Waktu yang Tepat Mengunjungi Spesialis

March 11, 2022 | Helmi

kesuburan

Jika Anda mengalami kesulitan untuk hamil atau memiliki masalah infertilitas, spesialis kesuburan dapat menentukan apakah penyebab infertilitas dapat didiagnosis dan, dengan tes dan pengobatan khusus dapat memberikan perawatan yang tepat. 

Infertilitas seringkali dapat diobati dengan obat-obatan atau pembedahan. Pilihan pengobatan tergantung pada hasil tes, waktu pasangan mencoba untuk hamil, kesehatan pasangan secara keseluruhan, dan preferensi pasangan.

Namun terkadang, seseorang mungkin tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk menemui spesialis kesuburan. 

Seringkali orang mengabaikan gejala yang lebih kecil dan akhirnya memperburuk kondisi mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk mengunjungi spesialis kesuburan.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS): PCOS adalah penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Ini adalah gangguan hormonal yang mempengaruhi kemampuan wanita untuk berovulasi dalam interval teratur. 

Jika seorang wanita tidak berovulasi secara teratur, kehamilannya menjadi sulit. PCOS dapat diobati dalam waktu dengan obat oral atau suntik yang membantu dalam hamil. 

Oleh karena itu, jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, sudah saatnya Anda mengunjungi spesialis kesuburan Anda.

Jika Anda mengira menderita Endometriosis: Endometriosis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di tempat lain, seperti ovarium, saluran tuba, dan rongga panggul lainnya. 

Spesialis kesuburan Anda dapat memandu Anda dengan baik tentang perawatan yang mungkin juga mencakup pembedahan. Jika Anda melewatkan menstruasi selama lebih dari sebulan, yang terbaik adalah mengunjungi spesialis kesuburan yang dapat mendiagnosis penyebab yang mendasarinya.

Jika Anda memiliki tiroid: Satu dari delapan wanita mengalami masalah tiroid dalam masa hidup mereka, dan hingga 60% wanita dengan masalah tiroid tidak menyadari kondisi mereka. 

YesDok Ads

Salah satu gangguan tiroid yang paling umum adalah hipotiroidisme. Rendahnya kadar hormon tiroid dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur yang dapat mempengaruhi ovulasi. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan perawatan yang tidak mempengaruhi kesuburan Anda, disarankan untuk mengunjungi spesialis kesuburan tepat waktu.

Jika Anda berusia di atas 35 tahun dan sedang berusaha untuk hamil. Seorang wanita dilahirkan dengan kolam telur tetap dan itu berkurang, kadang-kadang secara drastis setelah usia 35 tahun. 

Spesialis kesuburan Anda akan memeriksa cadangan telur Anda dan memandu sesuai dengan itu. Jika Anda berusia kurang dari 35 tahun dan Anda telah mencoba tidak berhasil selama lebih dari satu tahun, yang terbaik adalah mencari pendapat dari ahli kesuburan. 

Dia akan memeriksakan cadangan sel telur Anda, saluran tuba, dan sperma pasangan Anda. Ini akan membantu dalam memutuskan tindakan di masa mendatang.

Jika jumlah atau kualitas sperma rendah, yang terbaik adalah memulai perawatan di bawah bimbingan ahli.

Jika Anda berusia di atas 40 tahun: Penuaan berdampak pada produksi telur selain kualitas telur. Penurunan salah satu dari ini membuat risiko keguguran lebih baik pada wanita yang lebih tua lebih tinggi. 

Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan dan memahami risikonya serta mendapatkan gambaran tentang kondisi kesehatan Anda.

Terlepas dari kondisi yang disebutkan di atas, jika Anda pernah didiagnosis menderita kanker, atau jika Anda mengalami beberapa kali keguguran, inilah saatnya Anda mengunjungi spesialis yang dapat memandu Anda.

YesDok Ads