Mendengkur Selama Kehamilan Berisiko pada Bayi

December 07, 2019 | Iman

Mendengkur memang menjengkelkan bagi setiap orang. Tidak sedikit yang merasa terganggu dikarenakan teman atau keluarga yang tidur dengan kebiasaan mendengkur, jelas hal ini dapat mengganggu dan mengacaukan kualitas tidur Anda. Dilansir Times of India, sebuah studi baru yang dilakukan oleh Universitas Michigan telah menemukan bahwa mendengkur selama kehamilan dapat berdampak buruk bagi kesehatan bayi Anda.


Pada studi tersebut, para peneliti merekrut 1.673 wanita hamil selama trimester pertama mereka. 35 persen dari wanita ini memiliki kebiasaan mendengkur. Catatan medis para wanita ini ditinjau melalui pengiriman. Ditemukan bahwa ibu hamil yang mendengkur selama lebih dari tiga malam dalam seminggu memiliki risiko lebih tinggi terhadap hasil persalinan yang buruk, termasuk kelahiran bagian C dan melahirkan bayi yang lebih kecil atau stunting.


Banyak wanita mulai mendengkur selama kehamilan karena kelebihan berat badan, ketidakseimbangan hormon dan retensi cairan. Tetapi bagi wanita hamil yang pendengkur kronis dua pertiga lebih mungkin untuk memiliki bayi yang lahir di bawah persepuluh persentil berat dan dua kali lebih mungkin membutuhkan bagian C dibandingkan dengan wanita yang tidak mendengkur.


Pada wanita yang tidak hamil, mendengkur dapat menyebabkan peradangan yang dapat merusak sistem kardiovaskular. Meskipun tidak ada banyak bukti lebih lanjut, mendengkur menyebabkan peradangan yang mengubah pembuluh darah yang menuju plasenta yang menyebabkan lebih sedikit aliran darah dan nutrisi yang mencapai bayi sehingga menghasilkan pertumbuhan yang lebih sedikit.

YesDok Ads


Namun tidak ada yang perlu ditakutkan jika Anda seorang pendengkur dan juga wanita hamil saat ini. Yang terpenting tetaplah memperhatikan faktor-faktor yang mengarah pada kehamilan yang sehat. Makan sehat dan berolahraga secara teratur adalah yang terpenting selama masa kehamilan.


Lantas apa yang bisa dilakukan?


Bagi Anda wanita hamil pendengkur, para ahli menyarankan agar Anda dapat mencoba tidur dengan bantal yang agak disangga. Jika Anda mendengkur lebih dari tiga malam dalam seminggu, periksalah tekanan darah Anda ke dokter ahli terkait.

(Foto: momjuction)

YesDok Ads