Mendengarkan Suara Burung Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

November 03, 2022 | Helmi

suara burung untuk kesehatan

Melihat burung dan mendengarkan suaranya ternyata bisa menjadi sangat menenangkan. Dalam sebuah studi baru, tim peneliti menemukan betapa bermanfaatnya ini bagi kesehatan mental seseorang, bahkan bagi mereka yang memiliki masalah terkait kesehatan mental.

Semakin banyak bukti yang menunjukkan manfaat alam pada kesehatan mental manusia, catat para peneliti dalam penelitian mereka yang diterbitkan dalam Scientific Reports. 

Namun, sebagian besar literatur difokuskan pada interaksi dengan ruang hijau seperti pohon, taman, dan hutan, sementara yang lain juga mencakup "ruang biru"' seperti danau.

"Sementara penelitian ini telah mengarah pada peningkatan apresiasi terhadap manfaat kesehatan mental dari alam secara umum, kami hanya tahu sedikit tentang fitur spesifik dalam ruang hijau dan biru yang mendorong manfaat ini," tulis mereka.

Untuk studi ini, mereka berfokus pada aspek yang mereka katakan "telah memikat manusia selama berabad-abad namun hanya mendapat sedikit perhatian ilmiah: kehidupan burung."

Para peneliti menggunakan aplikasi bernama Urban Mind untuk mengumpulkan data dari 1.292 peserta dari seluruh dunia, meskipun kebanyakan dari mereka berasal dari Inggris, AS, dan Uni Eropa.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, para peserta ditanya tiga kali sehari apakah mereka dapat melihat atau mendengar burung, kata King's College London. Kesejahteraan mental mereka "saat ini" juga dinilai, sementara para peneliti juga mengumpulkan informasi tentang diagnosa kondisi kesehatan mental.

YesDok Ads

Di antara para peneliti, hipotesisnya adalah bahwa bertemu dengan burung setiap hari "akan dikaitkan dengan kesejahteraan mental yang lebih tinggi." Memang, mereka menemukan bahwa mendengar atau melihat burung terbukti memiliki manfaat pada kesehatan mental peserta, karena kesejahteraan mental mereka "jauh lebih baik" ketika mereka melihat atau mendengar suara burung.

"Pertemuan sehari-hari dengan kehidupan burung dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan mental yang bertahan lama," tulis para peneliti. "Perbaikan ini terbukti tidak hanya pada orang sehat tetapi juga pada mereka yang didiagnosis depresi, penyakit mental paling umum di seluruh dunia."

Menurut para peneliti, hasil penelitian menunjukkan potensi manfaat burung dalam membantu meningkatkan kesehatan mental masyarakat dan dengan demikian dapat dipertimbangkan dalam hal kesehatan mental dan kebijakan perlindungan lingkungan/satwa liar.

"Studi kami memberikan dasar bukti untuk menciptakan dan mendukung ruang keanekaragaman hayati yang menampung kehidupan burung, karena ini sangat terkait dengan kesehatan mental kita," penulis senior studi, Andrea Mechelli dari Institute of Psychiatry, Psychology & Neuroscience (IoPPN) di King's College London.

"Selain itu, temuan ini mendukung penerapan langkah-langkah untuk meningkatkan peluang bagi orang untuk menemukan kehidupan burung, terutama bagi mereka yang hidup dengan kondisi kesehatan mental seperti depresi," tambah Mechelli.

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi pertama yang meneliti dampak pertemuan sehari-hari dengan burung pada kesejahteraan mental dalam konteks waktu nyata dan kehidupan nyata," tulis para peneliti.

YesDok Ads