Mencukur Bulu Kemaluan Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Penyakit Menular Seksual?

September 09, 2019 | Helmi

Orang kidal, atau dikenal sebagai orang yang dominan menggunakan tangan kiri dibanding tangan kanan untuk melakukan berbagai hal. Seperti menulis, makan, dan hal lain sebagainya.

Kini kabarnya para ilmuwan, untuk pertama kalinya menemukan gen apa saja yang turut serta dalam membuat seseorang menjadi kidal. Padahal selama ini mungkin kita menganggap orang kidal hanya datang begitu saja tanpa sebab.

Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Oxford dan dipublikasikan temuan mereka di jurnal Brain. Sebelumnya, ada penelitian yang dilakukan pada anak kembar yang memberi petunjuk bahwa gen berperan dalam mengendalikan kidal seseorang, tetapi sekarang penelitian ini tampaknya menyarankan temuan yang lebih konkret.

Penelitian ini menunjukkan bahwa varian genetik ini juga bisa mengakibatkan struktur otak menjadi berbeda pada orang yang kidal, di mana mereka mungkin memiliki keterampilan verbal yang lebih baik daripada mereka yang bukan kidal.

YesDok Ads

Para peneliti mengisolasi empat wilayah genetik dalam DNA yang terkait dengan kidal, di mana tiga wilayah itu terkait dengan protein yang memengaruhi struktur otak dan perkembangannya.

Mereka juga menganalisis pencitraan otak dari sekitar 10.000 orang dan menemukan bahwa perbedaan genetik terkait dalam saluran materi putih otak yang terhubung ke bagian otak yang terkait dengan bahasa.

Menurut salah satu peneliti, Akira Wiberg, "Ini meningkatkan kemungkinan yang menarik untuk penelitian di masa depan bahwa orang kidal mungkin memiliki keuntungan ketika melakukan tugas-tugas verbal, tetapi harus diingat bahwa perbedaan ini hanya dilihat sebagai rata-rata lebih dari sangat sejumlah besar orang dan tidak semua orang kidal akan serupa. "

YesDok Ads