Membersihkan Vagina dengan Pasta Gigi, Bolehkah?

January 15, 2023 | Aqiyu

Membersihkan Vagina dengan Pasta Gigi

Membersihkan vagina berguna untuk menjaga kesehatan area sensitif ini. Apalagi membersihkan vagina setelah berhubungan intim dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan. Banyak berbagai cara untuk membersihkan vagina. Tidak sedikit yang mempercayai bisa membersihkan vagina dengan pasta gigi. Lalu, apakah sebenarnya boleh atau tidak ya?

Pasta gigi diformulasikan untuk perawatan dan kesehatan mulut dan gigi, bukan untuk organ tubuh lainnya. Apalagi jika pasta gigi atau odol ini digunakan pada vagina atau penis sekalipun. Membersihkan area intim kewanitaan dengan pasta gigi tidak diperbolehkan. Karena sejauh ini, tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Menggunakan pasta gigi ke area genital justru dapat memicu iritasi dan meningkatkan risiko infeksi. 

Membersihkan vagina tidaklah sulit dan sangat sederhana. Anda hanya perlu membersihkannya dengan air bersih. Cara membersihkan vagina yang tepat adalah membasuhnya dari depan ke belakang atau dari vagina ke bagian anus. Jangan sebaliknya karena dapat membawa kotoran dari anus ke vagina yang dapat menyebabkan infeksi. Jika ingin menggunakan sabun, gunakan sabun khusus kewanitaan dan hanya bagian luarnya saja. Karena sebenarnya vagina bisa menjaga keseimbangan pH sendiri.

Setelah membersihkannya dengan air, pastikan Anda benar-benar mengeringkannya. Keringkan dengan handuk bersih yang baru. Bersihkan vagina secara rutin setiap hari sebanyak dua kali, lakukan saat mandi agar lebih mudah.

Bahkan vagina bisa membersihkan dirinya sendiri melalui keputihan. Vagina juga memiliki bakteri baik yang dapat menghalangi pertumbuhan jamur atau bakteri jahat di vagina. Oleh karena itu vagina tidak memerlukan perawatan khusus, namun harus tetap selalu menjaga kebersihannya.

YesDok Ads

Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan celana ketat yang bisa memicu kelembaban. Pilihlah pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Anda pun disarankan untuk mengganti celana dalam 4 jam sekali untuk menghindari penumpukan bakteri dan kuman. 

Supaya Anda tidak salah dalam merawat dan menjaga kesehatan vagina, Anda dapat berkonsultasi dengan para dokter di YesDok secara online. 

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: times of india)

YesDok Ads