Membersihkan Karang Gigi Bawa Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

August 16, 2022 | Claudia

Membersihkan Karang Gigi

Plak yang dibiarkan menumpuk bisa mengakibatkan terbentuknya karang gigi. Sementara, karang gigi yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan banyak masalah, mulai dari gingivitis hingga periodontitis. Untuk itu, kita disarankan mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali, salah satunya guna membersihkan karang gigi.

Perawatan scaling gigi biasanya dilakukan untuk membersihkan karang gigi. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan alat yang disebut ultrasonic scaler.

Menumpuknya karang gigi tak hanya dapat membuat tampilan gigi menjadi buruk, tapi ini juga berpengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Karang gigi terbentuk dari plak yang mengeras, yang kemudian berubah warna menjadi kuning kecokelatan hingga menghitam. Karena karang gigi tak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi, maka melakukan scaling gigi dengan dokter gigi diperlukan. Perawatan scaling gigi bahkan bisa membersihkan karang gigi yang sudah sangat keras.

Ada berbagai manfaat membersihkan karang gigi, seperti:

Mencegah masalah di mulut

Karang gigi bisa menjadi penyebab dari banyak masalah gigi, misalnya saja radang gusi atau gingivitis, bau mulut, hingga periodontitis. Karang gigi bisa menjadi rumah yang nyaman untuk bakteri berkembang biak dan menyebabkan banyak masalah di area mulut.

Bakteri di dalam mulut bisa menghasilkan gas sulfur, yang kemudian membuat Anda mengalami bau mulut tidak sedap. Tak hanya bau mulut, asam yang dikeluarkan oleh bakteri bahkan juga bisa membuat gigi berlubang.

Karang gigi yang menumpuk pun bisa mengikis tulang penyangga gigi, sehingga gigi bisa goyang dan mudah lepas.

Mencegah gingivitis

YesDok Ads

Gingivitis atau radang gusi juga bisa terjadi jika Anda jarang membersihkan karang gigi. Kondisi gingivitis bisa membuat gusi bengkak, meradang, memerah, hingga berdarah. Jika Anda sudah mengalami gejala-gejala ini namun tak juga membersihkan karang gigi, maka Anda hanya tinggal menunggu waktu sampai mengalami periodontitis.

Mencegah periodontitis

Periodontitis adalah infeksi gusi yang dapat merusak gigi, jaringan lunak di area mulut, dan tulang penyangga gigi. Periodontitis adalah kondisi serius akibat gingivitis yang tidak ditangani dengan baik.

Periodontitis dapat menyebabkan terbentuknya kantong yang membuat jarak antara gusi dan gigi. Saat kantong ini dipenuhi bakteri, sistem kekebalan tubuh secara alami akan melawan bakteri tersebut dengan melepaskan zat kimia. Reaksi dari zat kimia yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh ini, bisa merusak tulang gigi, yang pada akhirnya menyebabkan tulang, gusi, dan jaringan penopang gusi menjadi rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Periodontitis yang tidak segera diobati bisa menyebabkan gigi menjadi mudah lepas, dan Anda akan kehilangan gigi meski saat masih usia muda. Membersihkan karang gigi menjadi salah satu cara yang dapat membantu mencegah terjadinya masalah ini pada diri Anda.

Mencegah penyakit jantung

Bakteri yang bersarang di karang gigi, bisa menginfeksi jaringan penyangga gigi. Bakteri ini bahkan bisa menyebar ke seluruh tubuh, dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Akibat hal ini, risiko penyakit jantung pada seseorang juga bisa meningkat.

Membersihkan karang gigi bisa menjadi langkah pertama namun penting untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan akibat infeksi bakteri ini. Untuk itu, Anda sebaiknya tidak lagi menyepelekan karang gigi, dan segera lakukan perawatan untuk membersihkannya.

(Foto: globaldentalpro.com)

YesDok Ads