Memasak Berikan Efek Positif Bagi Kesehatan Mental

May 19, 2020 | Helmi

memasak

Wabah virus corona perlahan-lahan mengubah gaya hidup orang-orang. Dari cara kita berinteraksi, bekerja, dan bepergian, penyebaran penyakit ini menyebabkan perubahan signifikan di seluruh dunia.

Salah satu perubahan itu adalah bahwa dapur menjadi tempat terbaik di beberapa rumah tangga. "Resep" telah menjadi salah satu kata yang paling dicari di Google sejak awal Maret di AS dan di seluruh dunia, menurut laporan CNBC.

Memasak di rumah menawarkan banyak manfaat. Ini mendorong orang untuk tinggal di rumah dan menghindari pergi ke luar seperti restoran selama pandemi, memotong biaya pengiriman dan secara mengejutkan membantu meningkatkan kesehatan mental.

Sebuah survei terbaru oleh Hunter PR bertanya kepada lebih dari 1.000 orang di AS tentang kegiatan dapur mereka di tengah-tengah lockdown. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54 persen responden memasak lebih banyak daripada sebelum pandemi dan 75 persen mengatakan mereka menjadi lebih percaya diri di dapur.

Setengah dari semua responden berencana untuk terus memasak makanan lebih banyak bahkan setelah pandemi coronavirus. Sebuah laporan terpisah oleh New York Times mendukung data yang mengatakan orang Amerika sekarang memasak di rumah lebih sering daripada catatan dalam 50 tahun terakhir.

YesDok Ads

Para ahli mengatakan meningkatnya minat dalam memasak dapat membantu orang meningkatkan kesehatan mental mereka. Ini penting terutama di tengah penyebaran virus corona, yang berkontribusi terhadap berkembangnya stres dan kecemasan.

"Memasak adalah sesuatu yang memberi kita kesempatan untuk mengatasi berbagai segi kesejahteraan psikologis," ujar Nicole Farmer, penulis studi dan staf ilmuwan di National Institutes of Health Clinical Center,

Beberapa klinik dan konselor telah merekomendasikan kelas memasak untuk membantu pasien mengelola depresi dan kecemasan. Farmer mengatakan bahwa beberapa efek positif dari memasak datang dari perasaan menyiapkan makanan untuk orang lain, yang membantu meningkatkan dan membangun hubungan.

Menghabiskan waktu di dapur juga memberi perasaan dan kesempatan untuk menguasai hal-hal baru. Beberapa orang juga menikmati memasak karena memberi mereka perasaan memiliki tujuan atau kepuasan pribadi.

(Foto: Paladinhealth)

YesDok Ads