Masker Rambut Lidah Buaya, Ini Manfaatnya!

August 25, 2021 | Claudia

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal akan sifat pelembapnya, sehingga memiliki banyak kegunaan dalam perawatan kulit dan rambut. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk melembapkan rambut dan kulit yang kering. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk rambut.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut:

Membantu atasi rambut rontok

Banyak orang mengalami masalah rambut rontok. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, sudah sejak lama lidah buaya digunakan untuk mengatasi kebotakan dan penipisan rambut. Satu studi di tahun 2017 menunjukkan bahwa orang-orang di West Bank dan palestina menggunakan lidah buaya untuk mengobati alopecia areata, yakni kebotakan dan kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit autoimun.

Untuk rambut berminyak

Lidah buaya memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan juga memiliki efek antiseptik. Sifat-sifat ini membuat lidah buaya sangat baik untuk merawat kondisi rambut, khususnya bagi mereka yang memiliki rambut berminyak. Lidah buaya dapat membantu membersihkan rambut secara mendalam, menghilangkan kotoran, dan kelebihan minyak yang menempel di rambut.

Untuk rambut kering, rusak, atau rapuh

YesDok Ads

Rambut kering, rusak, da rapuh, semuanya membutuhkan kelembapan dan nutrisi ekstra. Lidah buaya mengandung sederet vitamin dan antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini dapat membantu memperkuat rambut. Selain itu, lidah buaya memiliki sifat pelembap alami dalam bentuk mukopolisakarida. Senyawa ini dapat membantu mengikat kelembapan alami pada kulit dan rambut.

Jika seseorang mengalami kerusakan rambut atau kulit kepala akibat paparan sinar matahari, lidah buaya dapat bermanfaat karena bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan rambut akibat sinar UV.

Untuk ketombe dan kulit kepala yang kering dan gatal

Seseorang yang memiliki masalah ketombe mungkin bisa mencoba perawatan dengan lidah buaya untuk menghilangkan serpihan ketombe dan gatal-gatal akibat ketombe. Menurut National Eczema Association (NEA), dermatitis seboroik, atau ketombe, kemungkinan terjadi karena pertumbuhan berlebih dari beberapa jenis jamur. Ini bisa muncul di mana saja pad tubuh yang memiliki kelenjar penghasil minyak, seperti kulit kepala.

NEA menyarankan agar orang dengan kondisi kulit ini dapat menggunakan pembersih ringan yang mengandung seng dan pelembap pada area kulit yang bermasalah. Lidah buaya secara alami mengandung seng dan dapat memberikan kelembapan alami pada kulit. Oleh karena tu, sangat efektif untuk orang-orang dengan masalah ketombe.

(Foto: hadviser.com)

YesDok Ads