Masker Kain Kurang Efektif untuk Tangkal Varian Omicron

January 14, 2022 | Helmi

masker masker

Ketika pandemi dimulai dua tahun lalu, para ahli kesehatan masyarakat ingin semua orang memakai masker terlepas dari apakah itu terbuat dari kain untuk mengatur dan bahkan mencegah penyebaran virus corona baru. 

Berlanjut ke tahun 2022 di mana ramai dengan varian Omicron, para ahli sekarang mencegah masyarakat menggunakan masker wajah dari bahan kain jika mereka ingin tetap terlindungi dari SARS-CoV-2.

“Kami mendorong masyarakat untuk beralih dari masker kain menjadi lebih banyak masker bedah. Kami tahu lebih banyak tentang virus ini sekarang daripada yang kami lakukan tahun lalu,” ujar Dr. David Ottenbaker dari SSM Health.

Bagi Ottenbaker dan banyak ilmuwan serta pakar medis lainnya, ada lebih dari cukup data untuk membuktikan bahwa masker kain tidak lagi berguna dalam hal memberikan perlindungan terhadap jenis SARS-CoV-2 yang lebih baru, terutama varian omicron.

Para peneliti mengamati bahwa penutup wajah kain secara signifikan kurang efektif melawan omicron dibandingkan masker bedah. Itu sebabnya mereka mendorong masyarakat untuk beralih dan memilih masker bedah daripada masker kain.

Dr Lindsey Marr, seorang profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech, menjelaskan kepada CBS Boston Senin bahwa masker kain memang memberikan tingkat perlindungan tertentu terhadap strain sebelumnya tetapi tidak cocok untuk varian omicron.

YesDok Ads

“Masker kain khas sekitar 50% efektif, dan sementara itu baik-baik saja sebelumnya, tampaknya tidak cukup dengan omicron,” kata Marr..

“Kami memiliki masker khusus yang disebut respirator, seperti N95 yang menawarkan perlindungan yang jauh lebih besar. Mereka mampu memblokir 95 persen partikel yang keluar dari mulut Anda atau yang Anda hirup,” katanya.

Marr juga menyarankan respirator lain yang dapat digunakan masyarakat untuk membantu mengatasi, seperti masker KN95 dan KF94. 

Beberapa jenis respirator tersebut dapat mencegah penularan COVID-19 karena dapat menyaring partikel, seperti varian omicron. Tetapi Marr juga menunjukkan bahwa kesesuaian respirator sangat penting dalam memastikan perlindungan terbaik dari omicron.

“Yang Anda butuhkan adalah memiliki segel yang baik, terutama di sekitar hidung Anda, dan Anda ingin memastikan tidak ada celah di sisi pipi atau dagu Anda,” katanya.

YesDok Ads