Masih Pakai Baju Berkeringat Usai Olahraga, Bahayakah?

June 17, 2020 | Iman

Baju berkeringat

Olahraga memang membuat badan sehat. Ketika usai berolahraga seringkali tubuh dipenuhi dengan keringat.

Lalu, Anda disibukkan dengan beragam aktivitas atau tugas lain yang membuat lupa mengganti baju. Akhirnya baju usai olahraga tersebut melekat berjam-jam di badan Anda. Bahayakah?

"Olahraga dan kemudian duduk dengan pakaian berkeringat sepanjang hari bisa menyulitkan kulit Anda. Masalah bisa menghampiri mulai dari bau badan hingga infeksi jamur," kata ahli dermatologi University of Colorado Hospital, Whitney High.

Itulah sebabnya mengganti pakaian yang berkeringat sesegera mungkin sangat penting. “Keringat dan bakteri dapat mengganggu mikrobioma kulit, sehingga menyebabkan infeksi, jerawat, atau dermatitis (iritasi kulit)," kata profesor dermatologi Heather Goff lebih jauh menerangkan.

Biang keringat, atau ruam panas terjadi ketika saluran keringat tersumbat dan keringat muncul ke permukaan, tetapi tidak bisa menguap di luar kulit seperti biasanya.

Jika Anda tahu Anda memiliki kulit sensitif yang terbaik adalah mandi dan berganti pakaian bersih sesegera mungkin setelah berlari atau berolahraga. Goff menyarankan, mandilah dengan sabun atau sampo antibakteri, terutama ketika suhu meningkat.

"Shampo dengan bahan aktif zink pyrithione sangat efektif mengendalikan pertumbuhan vektor dan ragi pada kulit, dan dapat digunakan sebagai pembersih tubuh," kata Goff.

YesDok Ads

Goff menyarankan agar Anda mencari pakaian yang anti kelembaban. ”Semua tergantung pada jenis kulit Anda, Beberapa orang mungkin mengenakan baju bahan katun lembut, usai berolahraga,” terang Goff.

Hal lain yang perlu diingat adalah hindari berlari pukul 10 pagi hingga 2 siang saat matahari sedang terik. Gunakan celana panjang dan topi untuk melindungi diri dari sengatan matahari.

Saat memakai tabir surya, pastikan Anda menggunakan dengan benar. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kebanyakan orang hanya menerapkan 25 hingga 50 persen dari jumlah yang disarankan dalam menggunakan tabir surya. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan satu ons SPF 30 untuk melindungi tubuh mereka.

Setelah kembali dari berolahraga, High menyarankan agar Anda segera mandi. Terutama karena kekhawatiran muncul bahwa beberapa bahan kimia dari tabir surya dapat menyerap ke dalam kulit.

“Intinya mengenakan pakaian olahraga kembali tidak apa-apa, tetapi pastikan pakaian Anda kering saat digunakan," Goff menambahkan.

(Foto: insider)

YesDok Ads