0 Point
penyakit 30 tahun

Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Usia 30 Tahun

Selalu merasa berjiwa muda tidaklah salah. Yang terpenting adalah selalu menerapkan pola hidup sehat dan tidak mengabaikan masalah kesehatan. Banyak yang merasa usia 30 tahun adalah usia yang masih muda, padahal di usia tersebut perubahan fisik juga terjadi.

Meski kondisi fisik setiap orang berbeda-beda, namun ada beberapa masalah kesehatan yang sering kali muncul di usia 30 tahun. Masalah kesehatan ini sebenarnya bisa muncul kapan saja, tidak tentu di usia 30 tahun. Tapi Anda harus mewaspadainya terutama jika Anda semakin bertambah usia semakin sedikit bergerak. Berikut deretan penyakit yang harus diwaspadai di usia 30 tahun:

Hipertensi

Tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang lebih tua meningkat secara signifikan selama 10 tahun terakhir. Bahkan sekitar 50 persen orang dewasa muda yang didiagnosa tekanan darah tinggi tidak terobati. Sehingga menyebabkan penyakit jantung dan meningkatnya risiko kematian. Menurut data Riskesdas 2018, penduduk Indonesia berusia 18 tahun atau lebih mengalami hipertensi. 

Diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 juga harus diwaspadai muncul di usia 30 tahun. Banyaknya kasus diabetes yang menimpa orang-orang di usia muda disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur hingga malas gerak.

GERD

GERD atau penyakit refluks gastrointestinal terjadi ketika refluks asam kronis di pencernaan. Tanda seseorang mengalami gerd adalah bau mulut, erosi gigi, heartburn, dan tidak nyaman pada perut. Pola hidup yang tidak teratur bisa menjadi penyebab utama munculnya gerd. Apalagi biasanya di usia 30 tahun menjadi usia paling sibuk dalam pekerjaan, keluarga dan lainnya.

Osteopenia

Osteopenia atau menurunnya kepadatan tulang bisa terjadi di usia 30 tahun. Bila tidak ditangani dengan tepat, osteopenia ini dapat berujung menjadi osteoporosis. Terjadinya osteopenia ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya kekurangan  asupan kalsium harian, kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dan kurangnya aktivitas fisik.

(Foto: HRZone)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok