Masalah Gigi dan Mulut yang Sering Dialami Ibu Hamil

May 23, 2021 | Aqiyu

Masalah Gigi dan Mulut ibu hamil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 90 persen ibu hamil mengalami masalah gigi. Hal ini disebabkan oleh hormon dan sirkulasi darah yang meningkat saat hamil dan memicu masalah gigi dan mulut. Gangguan kesehatan seputar gigi dan mulut yang biasanya dialami ibu hamil adalah gusi berdarah, gigi berlubang, mulut kering hingga masalah lainnya.

Adapun masalah gigi dan mulut yang sering terjadi pada ibu hamil, sebagai berikut:

Gigi goyang

Tidak jarang ibu hamil mengalami masalah gigi goyang. Masalah kesehatan ini terjadi akibat ligamen dan tulang yang mendukung gigi selama kehamilan menjadi longgar sehingga membuat gigi mudah goyang. Namun jangan khawatir, gigi goyang ini tidak akan sampai membuat gigi patah atau lepas tiba-tiba kecuali terdapat komplikasi pada kehamilan.

Penyakit Periodontal

Kehamilan dapat memengaruhi kerusakan jaringan periodontal karena ketidakseimbangan hormon. Dimana saat hamil, kadar hormon estrogen dan progesteron meningkat dan menyebabkan perubahan pada rongga mulut. Biasanya penyakit periodontal pada ibu hamil muncul di trimester ketiga.

Terkikisnya enamel gigi

YesDok Ads

Enamel gigi berfungsi untuk melindungi gigi dan mencegahnya dari kerusakan. Namun sayangnya, enamel gigi dapat terkikis akibat berbagai aktivitas mulut dan produksi asam yang berlebihan. Itu mengapa, morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari yang terjadi pada ibu hamil dapat melemahkan enamel gigi karena produksi asam lambung yang meningkat.

Gusi berdarah

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara penyakit gusi yang parah pada ibu hamil dan kelahiran prematur dengan berat badan lahir yang rendah. Selama kehamilan, Anda harus cermat dalam memilih makanan. Makanan yang mengandung tinggi gula dan sedikitnya produksi air liur dapat menyebabkan gusi berdarah.

Gigi berlubang

Mual muntah atau morning sickness pada ibu hamil dapat meningkatkan paparan asam ke permukaan gigi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan membuat gigi berlubang. Gigi berlubang yang dibiarkan dapat membusuk, memicu bau mulut hingga abses.

(Foto: winnie palmer hospital)

YesDok Ads