Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

June 21, 2022 | Kaifia

Seorang wanita sedang berlatih yoga

Dalam rangka merayakan Hari Yoga International 2022, tema yoga tahun ini “Yoga for Humanity” membawa momentum tepat bagi aktivitas fisik ini yang berfokus membantu setiap manusia dalam mencapai kesehatan holistik serta untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri kita sendiri serta lingkungan.

Kita juga dapat mengenal lebih dalam tentang manfaat yoga untuk tubuh dan hal yang paling penting untuk selalu menjaga kesehatan jiwa dan raga salah satunya melalui praktik yoga. 

Yoga adalah latihan fisik yang melibatkan teknik pernapasan, kekuatan dan fleksibilitas. Seperti yang kita tahu, rutin berlatih yoga dapat menawarkan segudang manfaat kesehatan fisik dan mental. 

WebMD melansirkan bahwa pose yoga bekerja dengan meregangkan otot-otot Anda dan membantu Anda untuk bergerak lebih baik serta mengurangi kekakuan pada otot. 

Dalam sebuah penelitian, menerapkan praktik yoga dalam 8 minggu bisa meningkatkan fleksibilitas hingga 35%. 

Manfaat yoga

Mengurangi kecemasan

Banyak orang beralih ke praktik yoga ketika mereka mulai merasa perasaan cemas dan stress berlebih mulai menghantui mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Rasa cemas merupakan respon alami tubuh yang wajar terjadi namun apabila Anda terus menerus mengalaminya secara berlebihan, hal tersebut dapat dapat membahayakan Anda secara mental maupun fisik. 

Dirangkum oleh Medical News Today, sebuah meta analisis tahun 2016 menemukan bahwa berlatih yoga Hatha mempunyai efek yang menjanjikan pada kecemasan. Yoga juga paling bermanfaat pada orang yang memiliki gangguan kecemasan yang tinggi. 

YesDok Ads

Mengurangi sakit punggung

Sakit pinggang tampaknya menjadi kondisi umum bagi pekerja kantoran yang duduk lebih 10 jam di depan komputer. Meskipun hal tersebut mungkin tidak bisa dielakkan, cobalah dalam mengambil beberapa waktu Anda untuk berlatih yoga. 

Yoga dapat memberi kenyamanan dan kelegaan untuk nyeri punggung Anda. 

Baik bagi kesehatan jantung Anda

Yoga telah populer dikenal untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung. Detak jantung yang lebih lambat bisa bermanfaat bagi orang dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dan orang yang memiliki riwayat stroke. 

Merangsang fungsi otak

Medical News Today juga melansir bahwa yoga dapat merangsang fungsi otak serta membantu meningkatkan energi tubuh. 

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa yoga Hatha meningkatkan mood dan fungsi eksekutif otak.

Fungsi eksekutif merupakan aktivitas otak yang berkaitan dengan kemampuan otak untuk mengatur respons emosional dan mengelola perilaku kognitif dalam otak.

YesDok Ads