Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

December 19, 2022 | Iman

Manfaat Tempe bagi Kesehatan

Tempe merupakan lauk makan yang banyak dijumpai di masyarakat Indonesia, Karena kandungan gizinya yang kaya, sehingga tempe sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tempe juga mudah didapat, murah dan pastinya bergizi.

Manfaat tempe bagi kesehatan yang mungkin belum kita ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  2. Tempe mengandung berbagai jenis bakteri baik (probiotik) dan antioksidan isoflavon
  3. Mencegah Osteoporosis.
  4. Kandungan kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi
  5. Mengobati Diare
  6. Tempe mengandung zat-zat antibakteri yang mampu mengatasi berbagai penyakit infeksi seperti diare.
  7. Menjaga Kesehatan Jantung
    Antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung pada tempe mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan inflamasi dan oksidatif sehingga membuat jantung sehat.
  8. Mencegah Penyakit Jantung Koroner
    Tempe mengandung zat-zat yang mempunyai sifat hipokolesterolemik (menurunkan lemak darah), yaitu: protein, asam lemak tidak jenuh majemuk, serat pangan, niacin, vitamin E, karotenoid, isoflavon dan kalsium
  9. Mencegah Berbagai Penyakit Saluran Pencernaan
    Adanya serat pangan yang cukup tinggi pada tempe mampu mencegah penyakit saluran pencernaan, seperti diverticulosis (borok pada usus besar), kanker, dan hernia. Selain itu, enzim lipase, protease, dan amilase yang diproduksi oleh Rhizopus sp (kapang tempe) yang masing-masing berguna untuk pencernaan lemak, protein, dan karbohidrat sangat membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh
  10. Mencegah Kanker
    Kandungan antioksidan isoflavon, seperti daidzein, glisitein, genistein dan 6,7,4 trihidroksi isoflavon pada tempe dapat mencegah kanker.

Berikut adalah manfaat tempe bagi kesehatan tubuh. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: health digest)

YesDok Ads