Manfaat Senam Kegel Bagi Pria, Bisa Bikin Lama Di Ranjang

September 11, 2022 | Aqiyu

Manfaat Senam Kegel Bagi Pria, Bisa Bikin Lama Di Ranjang

Senam kegel dikenal juga sebagai latihan dasar panggul yang melibatkan kontraksi dan relaksasi berulang kali otot-otot yang membentuk bagian dasar panggul. Senam kegel bisa dilakukan berkali-kali dalam sehari selama beberapa menit. Banyak yang beranggapan bahwa senam kegel adalah senam untuk wanita. Nyatanya, senam kegel juga bisa untuk pria dan memiliki banyak manfaat bagi pria. Salah satunya bisa meningkatkan ketahanan ereksi agar tahan lama di ranjang.

Senam kegel bagi pria ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Selain itu, senam kegel dapat memperkuat otot bulbocavernosus, dimana tugasnya dapat mempertahankan aliran darah ke penis selama terjadinya ereksi. Serta membantu memompa aliran darah saat ejakulasi dan membantu mengosongkan uretra usia buang air kecil. 

Latihan otot dengan senam kegel juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah seksual pria, diantaranya disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Lalu bagaimana cara melakukan senam kegel? Apakah sama seperti yang dilakukan oleh wanita? Berikut langkah-langkah melakukan senam kegel:

YesDok Ads

  • Kencangkan otot bagian panggul kurang lebih selama 3 detik.
  • Selama mengerutkan otot, usahakan agar tidak menahan napas serta mengencangkan otot tubuh meliputi otot pantat, paha dan perut.
  • Lalu melemaskan kembali otot panggul selama 3 detik.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali sesuai kemampuan.

Adapun hal yang harus diperhatikan saat melakukan gerakan senam kegel adalah fokus pada setiap gerakan yang dilakukan agar manfaatnya lebih terasa. Perhatikan cara buang air kecil, coba hentikan setengah saat buang air kecil, tahan beberapa detik lalu lepas dan buang semua. Anda juga bisa menekan otot anus seperti sedang menahan buang kentut dan tahan selama 8-10 detik.

Selama melakukan gerakan senam kegel pastikan Anda tidak menahan napas. Larangan menahan nafas saat senam kegel bisa berakibat buruk. Hindari pula mengencangkan otot ke arah bawah seperti saat ingin buang air kecil. Sementara waktu yang ideal untuk melakukan senam kegel adalah saat tubuh Anda dalam keadaan yang bugar dan fit. Karena senam kegel membutuhkan teknik dan waktu yang tepat, maka lakukanlah selama 5 detik untuk squeeze, 5 detik untuk rileks dan lakukan 3 set sebanyak 15 repetisi setiap hari selama enam bulan. selamat mencoba!

(Foto: the wellness corner)

YesDok Ads