Diet
+1

Manfaat Segar di Balik Manis dan Segarnya Buah Nanas

June 26, 2020 | Claudia

Nanas

Apakah Anda menyukai buah nanas? Buah tropis berwarna kuning ini memang disukai oleh banyak orang, berkat rasanya yang segar dan manis. Meski berbau tajam, kelezatan daging buah nanas tetap saja menggoda banyak orang dan membuatnya banyak disukai.

Bagaimana Anda biasa mengonsumsi buah nanas? Apakah langsung dimakan setelah dipotong-potong dan dikupas dari kulitnya, atau Anda lebih suka menghidangkannya dalam segelas jus? Apapun itu, mengonsumsi buah nanas tetap saja baik untuk kesehatan.

Namun, buah nanas yang diolah dalam bentuk jus ternyata merupakan bahan alami yang efektif untuk membantu membunuh bakteri penyebab infeksi. Tak hanya itu, rutin mengonsumsi jus nanas juga berguna dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika seseorang meminum jus nanas segar dalam keadaan perut kosong, enzim bromelin di dalamnya mampu membantu memecah protein. Ini dapat sangat baik untuk saluran pencernaan, sehingga mampu menghindarkan Anda dari sejumlah masalah pencernaan dan peradangan. Sembelit, perut kembung, dan sakit perut, akan dengan mudah Anda atasi jika rutin mengonsumsi jus nanas.

Sebuah studi juga menyatakan bahwa ketika jus nanas dikonsumsi di pagi hari atau ketika perut masih kosong, berbagai vitamin, mineral, dan enzim akan bersama-sama melawan dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikut ini cara terbaik untuk mengonsumsi buah nanas:

Setelah makan

Sakit perut yang muncul setelah Anda makan dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi jus nanas. Jadi, setiap kali Anda selesai makan, coba minum segelas jus nanas segar untuk mencegah sakit perut.

Nanas dengan yoghurt

Tambahkan dua sendok makan yoghurt tanpa rasa ke 150 ml jus nanas segar. Campur kedua bahan hingga menjadi smoothie. Anda bisa langsung mengonsumsinya ketika perut masih kosong, yakni di pagi hari saat baru bangun tidur. Rutin mengonsumsi smoothie yoghurt nanas dapat membantu Anda mencegah masalah sakit perut. Bahkan, smoothie ini disebut-sebut juga bisa membuat perut terasa lebih kenyang, sehingga mencegah seseorang makan secara berlebihan.

Ganti camilan Anda dengan nanas

Saat menderita sakit perut atau diare, seseorang biasanya akan sering merasa lapar karena kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk makan potongan nanas segar guna membantu menjaga perut tetap kenyang dan membantu pemulihan tubuh dari sakit perut dengan cepat.

Jangan makan nanas terlalu banyak

Meski banyak manfaatnya, namun mengonsumsi buah nanas berlebihan juga tidak disarankan. Konsumsi buah nanas yang berlebihan bisa membuat lidah Anda sakit dan teriritasi. 

(Pixabay/Pineapplesupplyco)

YesDok Ads