Manfaat Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

August 24, 2022 | Helmi

sarapan untuk penderita asam lambung

Sarapan selalu disebut sebagai waktu makan yang paling penting dalam sehari. Ternyata manfaat sarapan juga berlaku bagi penderita asam lambung. Mengisi perut dengan makanan yang baik dapat mencegah serangan asam sepanjang hari dan meringankan gejala refluks asam.

Jenis makanan sarapan apa yang cocok untuk penderita asam lambung? Idenya adalah untuk makan makanan yang tidak akan berkontribusi atau memicu gejala refluks. Ini termasuk oatmeal, pilih buah dan sayuran, serta protein tanpa lemak.

Membedakan makanan yang baik dan buruk untuk refluks asam adalah cara utama untuk memulai hari Anda dengan benar.

Makanan dapat digunakan untuk meminimalkan keasaman isi lambung dengan mengatur pola makan yang sesuai. Berikut ini adalah pilihan sarapan terbaik untuk penderita asam lambung:

Buah dan Sayuran Alkali

Apel, pisang, kelapa, aprikot, alpukat, pir, dan blueberry adalah contoh buah mengandung alkali. Ganti buah asam untuk ini dan tambahkan sebagai topping untuk sereal, oatmeal, atau pancake Anda.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan kuat yang luar biasa dengan sedikit atau tanpa kandungan asam. Oatmeal membuat Anda kenyang lebih lama, mudah dicerna, dan sangat bergizi. Campurkan secangkir susu almond atau setengah cangkir susu untuk menambah rasa. Tambahkan buah-buahan rendah asam seperti apel dan pisang untuk membuat oatmeal Anda sedikit lebih istimewa.

Jahe

YesDok Ads

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan pencernaan makanan dan mencegah refluks asam setelah makan. Ganti kopi dan teh pagi Anda dengan teh jahe yang direndam.

Sayuran hijau

Sayuran seperti bayam, selada, dan kangkung bisa disulap menjadi menu sarapan yang sehat. Aduk telur rebus dan beberapa potongan ayam dengan selada parut untuk membuat salad menjadi sarapan yang lezat. 

Sayuran hijau adalah makanan rendah asam dan bervolume tinggi yang akan membantu menetralkan asam di perut.

Daging Ayam

Protein tanpa lemak seperti ayam membuat sarapan terasa lebih sehat dan enak. Untuk menjaga daging tanpa lemak tetap aman bagi penderita refluks asam, pertimbangkan untuk memanggangnya dalam oven daripada menggorengnya.

Susu Almond atau Kedelai

Menambahkan sedikit susu almond atau susu kedelai dapat membuat sarapan jadi lebih lezat. Ini juga bermanfaat untuk mencegah refluks asam terpicu meningkat.

YesDok Ads