Diet
+1

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Tubuh

February 25, 2021 | Claudia

Probiotik

Ada banyak sekali manfaat kesehatan dari probiotik. Terutama pada sistem pencernaan, probiotik dapat memberikan manfaat terbaik, misalnya mengatasi sakit perut, infeksi, dan bahkan alergi. Hadirnya probiotik juga membantu melindungi tubuh dari bakteri patogen yang berbahaya.

Populasi bakteri baik dalam tubuh dapat berubah karena berbagai alasan seperti penggunaan obat-obatan, infeksi, gizi buruk, stres dan pengobatan antibiotik. Saat Anda sudah tak lagi mengonsumsi antibiotik, maka disarankan bagi Anda untuk mengembalikan populasi probiotik dalam tubuh, misalnya dengan mengonsumsi yoghurt dan makanan fermentasi lainnya.

Berikut ini merupakan manfaat probiotik untuk kesehatan tubuh Anda:

Mencegah dan mengobati diare

Mencegah diare adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari probiotik. Studi pada orang dewasa dan anak-anak menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare terutama pada anak-anak. Maka, anggapan bahwa saat diare tidak boleh makan yoghurt adalah salah, karena justru probiotik dalam yoghurt bisa membantu Anda terbebas dari diare.

YesDok Ads

Mencegah alergi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa memberikan probiotik kepada ibu selama kehamilan dan kemudian kepada bayi, dapat mengurangi risiko munculnya ruam kulit alergi pada bayi. Bagi mereka yang sudah mengalami ruam, konsumsi probiotik juga dapat membantu mengurangi gejalanya. Probiotik dipercaya dapat mencegah penetrasi zat asing yang menyebabkan reaksi alergi. Probiotik memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan yang melawan gejala alergi.

Membantu atasi penyakit radang usus

Mengapa kita membutuhkan probiotik? Mengobati gejala penyakit radang usus atau IBS adalah salah satu manfaat terbaik dari mengonsumsi probiotik. Salah satu penyebab utama penyakit ini adalah komposisi mikrobiota usus. Pemberian probiotik menyebabkan perubahan komposisi mikrobiota dan meredakan gejala IBS.

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads