Manfaat Pijat Olahraga

June 20, 2020 | Iman

Pijat kaki

Semua orang percaya pijat dapat berefek baik baik kesehatan dan meregangkan otot sesuai fungsinya. Beberapa orang bahkan meyakini pijat dapat membantu perihal performa olahraga. Tetapi apakah itu amat sangat membantu? 

Para peneliti dari Universitas Sheffield di Inggris coba mengumpulkan hasil studi tentang pijatan olahraga dan berbagai aspek performa atletik, termasuk kekuatan, sprint dan kinerja daya tahan, fleksibilitas, dan nyeri otot. Penelitian ini turut dipublikasikan pada BMJ Open Sport dan Exercise Medicine. 

Tinjauan studi ini melihat kriteria dari pijatan olahraga sebagai proses peningkatan kinerja atau pemulihan latihan. Studi tersebut mengumpulkan hasil dari 29 studi, yang terdiri lebih dari 1.000 subjek.

Para peneliti menyimpulkan bahwa dalam jangka pendek, pijatan olahraga tidak meningkatkan ukuran kinerja (lari, lompat, kekuatan, dan kinerja). Mereka juga menyimpulkan bahwa pijatan olahraga tidak mengurangi kelelahan otot.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pijatan olahraga meningkatkan fleksibilitas jangka pendek dan secara signifikan mengurangi peringkat subjektif dari nyeri dan nyeri otot. Studi ini dilakukan dengan perbandingan tidak melakukan apa-apa.

Kesimpulan para peneliti mungkin tampaknya meremehkan banyak alasan untuk pijat olahraga. Tetapi mantan juara maraton AS yang juga pemilik spesialis olahraga, Julia Kirtland setuju dengan efek yang ditimbulkan.

YesDok Ads

"Pijat membantu atlet menjaga kesehatan otot secara keseluruhan dengan mengidentifikasi area ketegangan dan mengatasinya sebelum cedera terjadi," kata Kirtland.

Penting untuk memahami masih ada keterbatasan studi yang telah dilakukan pada pijatan olahraga. Studi tersebut dilakulan tahap pendek, dan biasanya membandingkan upaya keras ketika subjek memiliki dan belum pernah melakukan pijatan olahraga. 

Temuan review ini bahwa pijatan olahraga mengurangi perasaan pegal pada otot harus berarti bahwa perawatan akan membuat Anda lebih mampu dan bersemangat untuk berlatih di level yang Anda inginkan.

Diperlukan praktek-praktek lain agar meningkatkan peluang Anda untuk tetap bebas cedera, sehingga Anda dapat mencapai konsistensi yang mengarah pada peningkatan kinerja yang sesungguhnya. 

"Demikian pula, pijatan olahraga sebaiknya didukung praktik kesehatan lain seperti nutrisi makanan dan tidur cukup dalam efek jangka panjang," Kirtland menambahkan.

(Foto: sportsinjuryclinic)

YesDok Ads