0 Point
Ibu menyusui

Manfaat Pemberian ASI Ekslusif Hingga Usia 2 Tahun

Air susu ibu atau ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan/minuman tambahan atau pengganti kepada bayi hingga berusia 6 bulan. ASI telah memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan bayi sampai umurnya 6 bulan, karena itulah tidak dibutuhkan sumber asupan lain selama periode itu selama ASI yang dihasilkan berkualitas.

Tapi, setelah 6 bulan, pemberian ASI eksklusif bukan berarti harus berhenti, ASI tetap dapat diberikan kepada bayi hingga usianya 2 tahun. Justru pemberian ASI Ekslusif Hingga 2 tahun banyak memberikan manfaat. Bahkan manfaat ini tidak hanya bisa didapatkan oleh bayi, tapi juga ibu.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa manfaat ASI eksklusif lebih besar dibanding susu pengganti, termasuk susu formula. Itu sebabnya lembaga kesehatan dunia, terutama WHO, mengimbau semua ibu yang mampu memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya.

Berikut adalah manfaat pemberian ASI sejak lahir hingga usia 2 tahun.

1. Memberikan nutrisi kepada bayi

Jika mengira ASI eksklusif tak lagi memiliki nilai nutrisi setelah setahun, itu keliru. ASI selalu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bay seperti protein, kalsium, dan vitamin.

2. Meningkatkan sistem imun

Bayi yang mendapat ASI eksklusif lebih jarang sakit dan tingkat mortalitasnya rendah. Sistem imun bayi akan kian meningkat jika lebih lama mendapat ASI hingga usia 2 tahun atau lebih.

3. Meningkatkan perkembangan otak

Kandungan nutrisi dalam ASI membantu perkembangan otak bayi dimana Proses menyusui juga punya andil, misalnya ketika bayi menyusu dalam posisi berbeda sehingga mereka tidak terpaku pada posisi yang sama seperti ketika meminum susu dari botol.

4. Ibu jadi lebih sehat

Ibu yang memberikan ASI eksklusif lebih kecil risikonya mengalami kanker payudara. Risiko penyakit kanker lain juga lebih kecil, seperti kanker endometrial dan ovarian.

5. Menenangkan bayi dan ibu

Baik ibu maupun bayi bisa lebih tenang dalam proses menyusu hingga usia 2 tahun. Sebab, ada jalinan batin dalam proses itu. Ibu terutama bisa lebih tenang dan nyaman, misalnya setelah lelah bekerja. 

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok