Diet
+1

Manfaat Omega-3 untuk Kondisi Kesehatan Tubuh

October 09, 2020 | Claudia

Omega-3

Omega-3 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mendapatkan omega-3 dari berbagai makanan yang Anda konsumsi, misalnya ikan berlemak, buah avokad, atau dari sumber nabati seperti biji-bijian.

Ada tiga jenis asam lemak omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni:

  • Asam docosahexaenoic (DHA)
  • Asam eicosapentaenoic (EPA)
  • Asam alfa-linolenat (ALA)

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat omega-3 untuk berbagai kondisi kesehatan dalam tubuh manusia:

Omega-3 untuk kesehatan jantung

Tinjauan komprehensif di tahun 2018 melaporkan bahwa omega-3 mungkin memiliki manfaat untuk penyakit jantung. Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation merekomendasikan bahwa orang dengan penyakit kardiovaskular sebaiknya mengonsumsi sekitar 1 g EPA plus DHA per hari, yang bisa didapatkan dari konsumsi ikan berlemak. Konsumsi suplemen harus di bawah anjuran dokter, untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung omega-3 lebih disarankan.

Para peneliti telah melakukan banyak penelitian untuk mengevaluasi efek mengonsumsi suplemen omega-3 pada penyakit jantung. Satu tinjauan menemukan bahwa ada sedikit penurunan kematian pada orang dengan penyakit jantung koroner, serta orang-orang yang mengalami gagal jantung. Namun, hasilnya bercampur dengan penelitian besar lainnya, yang menyimpulkan bahwa suplemen DHA dan EPA mungkin memiliki efek kecil, dan ALA juga mungkin memiliki efek kecil. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa lebih membuktikan hal ini.

Omega-3 untuk depresi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat membantu mengatasi gejala depresi . Satu penelitian skala kecil terhadap orang dewasa muda dengan gejala depresi melaporkan bahwa kelompok orang yang menerima 1,4 g DHA plus EPA setiap hari memiliki status depresi yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan dengan kelompok orang yang mengonsumsi plasebo setelah 21 hari.

YesDok Ads

Omega-3 untuk penyakit Alzheimer

Suplemen omega-3 juga berpotensi sebagai pengobatan masa depan untuk penyakit Alzheimer. Sebuah tinjauan tahun 2018 menemukan bahwa omega-3 mungkin bermanfaat pada awal penyakit Alzheimer, ketika hanya ada sedikit gangguan pada fungsi otak.

Namun, tidak ada cukup data untuk mendukung penggunaan suplemen omega-3 dalam kasus penyakit Alzheimer yang lebih lanjut.

Omega-3 untuk kanker

Banyak penelitian telah meneliti efek positif suplemen omega-3 pada jenis kanker tertentu. Satu studi tahun 2017 melaporkan bahwa menggabungkan suplemen omega-3 dan vitamin D meningkatkan kematian sel pada subtipe tertentu sel kanker payudara.

Dalam ulasan tentang omega-3 dan kanker prostat, beberapa peneliti menemukan hubungan antara asupan omega-3 yang lebih tinggi dan penurunan angka kematian akibat kanker prostat.

(Foto: drannwellness.com)

YesDok Ads