Diet
+1

Manfaat Nanas Madu, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Usir Lemak

August 03, 2022 | Claudia

Manfaat Nanas Madu

Apakah Anda suka dengan buah nanas? Ada banyak jenis buah nanas yang bisa kita makan, salah satunya adalah nanas madu. Nanas madu mudah ditemukan, ini sangat enak dikonsumsi dalam berbagai cara, misalnya menjadi salah satu buah dalam santapan rujak, menjadi segelas jus atau smoothies, dan lain-lain. Namun selain rasanya yang enak, adakah manfaat nanas madu untuk kesehatan?

Sebelum mengetahui manfaat nanas madu untuk kesehatan, mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya sangat diperlukan. Dalam 100 gram nanas madu terkandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, zat besi, kalium, fosfor, natrium, seng, asam askorbat, thiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, niacin atau vitamin B3, asam pantotenat atau vitamin B5, dan vitamin B6.

Setelah mengetahui sederet nutrisi yang terkandung dalam nanas madu, selanjutnya mari kita ulas satu per satu, apa manfaat nanas madu untuk kesehatan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat nanas madu yang pertama adalah, buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan vitamin, mineral, dan bromelain dalam buah nanas madu. Di masa pandemi seperti sekarang, mengonsumsi buah-buahan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh tentu sangat penting.

Sebuah penelitian di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism memuat bukti bahwa manfaat nanas madu dapat mengurangi risiko infeksi virus dan bakteri, termasuk pada anak.

Mencegah gangguan pencernaan

Manfaat nanas madu jika dikonsumsi secara rutin lainnya adalah, baik untuk kesehatan pencernaan Anda. ini semua berkat kandungan bromelain di dalam nanas madu, yang mampu melindungi tubuh dari gangguan pencernaan. Bromelain adalah enzim pencernaan yang dapat memecah molekul protein ke dalam asam amino dan peptida.

Saat molekul protein berhasil dipecah, ini akan lebih mudah dicerna ke dalam usus halus, sehingga mampu melancarkan proses pencernaan. Selain kandungan bromelain, kandungan air dan serat yang tinggi dalam nanas madu juga memberikan dampak baik dalam melancarkan pencernaan.

Baik untuk kulit

YesDok Ads

Kandungan vitamin dalam buah nanas madu juga bermanfaat untuk kulit. Manfaat nanas madu yang satu ini bisa membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Vitamin C yang terkandung dalam nanas madu memberi manfaat dalam pembentukan kolagen, yang dapat menjadikan kulit lebih sehat, cantik, halus, dan lebih kenyal.

Mengendalikan tekanan darah

Kandungan kalium dalam buah nanas madu memberi manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Manfaat nanas madu ini akan lebih tinggi dalam mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan berbagai komplikasinya, jika dikonsumsi secara rutin.

Selain kalium, enzim bromelain dalam buah nanas madu juga memberi manfaat dalam menurunkan risiko penyakit yang terkait dengan tekanan darah tinggi.

Mengurangi lemak

Manfaat nanas madu selanjutnya, yakni dapat menjaga berat badan tetap ideal dengan mengurangi lemak berlebih di area perut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal mengungkapkan bahwa konsumsi sayur dan buah, termasuk nanas madu, secara rutin, dapat membantu menjaga kadar lemak di area perut tetap dalam batas wajar.

Rasa buah nanas madu yang manis menjadikannya sebagai salah satu camilan sehat, terutama bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan.

(Foto: shortfeed.in)

YesDok Ads