Manfaat Minyak Ikan untuk Bantu Pembentukan Otot

March 12, 2021 | Helmi

minyak ikan

Minyak ikan adalah suplemen nutrisi yang populer dan sumber asam lemak omega-3. Asam lemak ini dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dan inflamasi. Beberapa ah;i bahkan menyebutkan bahwa asam lemak omega 3 baik untukkekuatan otot dan meningkatkan kinerja fisik.

Minyak ikan adalah suplemen nutrisi yang diambil dari ikan berlemak, seperti sarden, salmon, mackerel, tuna, dan herring.

Minyak ikan mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-3 (PUFA). Ini adalah asam lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh sendiri. Tiga asam lemak omega-3 utama adalah asam alfa-linolenat (ALA) dan metabolitnya asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Minyak ikan dapat memberikan berbagai potensi manfaat untuk Anda yang ingin membentuk otot. Berikut beberapa manfaatnya:

Mengurangi nyeri otot

Saat seseorang berolahraga secara intens atau menggunakan rutinitas baru, kemungkinan besar ia akan merasakan otot pegal dan kaku di kemudian hari atau keesokan harinya.

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak ikan dapat membantu meredakan nyeri otot. Studi tahun 2017 lainnya juga mencatat bahwa suplemen DHA dan EPA dapat membantu mengurangi kerusakan otot setelah berolahraga.

Meningkatkan kualitas latihan

YesDok Ads

EPA dan DHA yang ada dalam minyak ikan dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. Selama atau setelah latihan berat, sifat anti-inflamasi dari asam lemak omega-3 ini dapat melindungi dari penurunan kekuatan, kelenturan, dan jangkauan gerak.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2018, pria yang mengonsumsi 2.400 miligram (mg) minyak ikan, yang mengandung 600 mg EPA dan 260 mg DHA, setiap hari selama 8 minggu mengalami lebih sedikit pembengkakan otot dibandingkan mereka yang mengkonsumsi plasebo.

Mencegah hilangnya otot karena penuaan

Begitu orang mencapai usia 30 tahun, penelitian menunjukkan bahwa massa otot menurun 0,1-0,5% setiap tahun, dan bahkan lebih banyak lagi setelah mereka mencapai usia 65 tahun.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dapat membantu memperlambat penurunan alami dalam massa dan fungsi otot ini pada orang dewasa yang lebih tua. 

Studi tersebut juga mencatat bahwa minyak ikan mungkin bermanfaat untuk mencegah sarcopenia dan menjaga kemandirian fisik pada orang dewasa yang lebih tua.

Orang yang lebih tua mungkin merasa lebih sulit untuk membangun otot. Ini karena tubuh mereka tidak merespon dengan baik terhadap pelatihan ketahanan dan asupan protein. Namun, sifat anti-inflamasi minyak ikan dapat melawan efek ini pada beberapa populasi.

YesDok Ads