0 Point
Air putih

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Ginjal

Seperti yang kita ketahui, air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia sehingga asupan air sangat penting untuk manusia. 

Setiap orang membutuhkan setidaknya minimal mengonsumsi 2 liter air atau sama dengan 8 gelas per hari agar manfaatnya dapat kita rasakan untuk tubuh kita.

Ginjal memiliki fungsi yang luar biasa dalam tubuh manusia. Selain membersihkan racun dan mengeluarkan kotoran dari darah, ginjal berfungsi mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh, serta untuk mengeluarkan hormon yang membantu produksi sel darah merah.

Oleh karena itu, ginjal memiliki tugas utama dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia.

Ginjal membutuhkan air putih yang cukup untuk membantu proses kerja ginjal agar dapat berfungsi dengan baik dalam tubuh manusia. Salah satu yang menyebabkan terkena gagal ginjal/ batu ginjal adalah kurangnya mengonsumsi air putih serta aktivitas fisik yang kurang sehat serta jarang berolahraga.

Beberapa manfaat minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal, sebagai berikut :

Mengganti cairan yang keluar dari tubuh

Untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, diperlukan berbagai usaha. Terlebih lagi tubuh Anda memiliki banyak cara untuk mengeluarkan air dalam tubuh, mulai dari mengeluarkan keringat, membuangnya melalui urine.

Mengatur suhu tubuh

Ketika kadar air dalam tubuh terlalu sedikit, penyimpanan panas meningkat. Air dalam tubuh dapat menurangi ketegangan fisik jika tekanan panas meningkat. Air disimpan di lapisan tengah kulit yang muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. 

Mencegah penyakit batu ginjal

Dengan mengonsumsi jumlah kadar air minimal yang dibutuhkan tubuh dalam sehari akan membantu mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini karena ginjal akan bekerja dengan normal untuk memproses pembuangan racun yang membahayakan tubuh.

Menghilangkan racun dalam tubuh 

Air dibutuhkan dalam proses membuang racun dalam tubuh. Proses berkeringat dan keluarnya urine serta kotoran adalah sebuah proses tubuh menghilangkan racun dari tubuh Anda. Air adalah cairan penting untuk kelancaran darah serta sirkulasi menghilangkan racun dalam tubuh.

(Foto: medicalnewstoday)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok