Diet
+1

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

May 21, 2020 | Kaifia

Seorang wanita minum air hangat.

Minum air hangat terutama saat di bulan puasa menawarkan berbagai manfaat. Selain manfaat air putih yang  membantu menyerap nutrisi dan melawan nyeri, air putih juga menurunkan kadar stres.

Banyak orang telah minum air hangat selama berpuluhan tahun karena manfaatnya dalam meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Meningkatkan sirkulasi

Air hangat memperluas pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi. Ini dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Minum air hangat memiliki efek yang sama ketika Anda mandi air hangat. Dalam meningkatkan sirkulasi tubuh, minum air hangat membantu aliran darah agar tetap lancar yang dimana berpengaruh pada kardiovaskular Anda. Minum air hangat juga membuat rileks pikiran Anda sebelum tidur.

Meredakan konstipasi

Minum air hangat membantu usus Anda bekerja secara efektif dan limbah atau kotoran lama yang terperangkap di usus Anda dapat keluar.

Menurunkan kadar stres

Segelas air hangat dapat menenangkan pikiran dan kecemasan. Sebuah penelitan juga mengatakan bahwa minum kopi atau teh yang hangat, manjur dalam mengurangi kadar stres dan beban pikiran Anda.

Meskipun beberapa penelitian berdebat dalam efek kafein tersebut, sensasi hangatnya masih bermain peran dalam meningkatkan suasana hati seseorang.

YesDok Ads

Mengurangi nyeri

Air hangat meningkatkan sirkulasi yang membuat aliran darah bekerja dengan efektif. Minum air hangat bisa menjadi penghilang rasa sakit internal, tetapi penting untuk dicatat bahwa kehangatan tersebut juga dapat memperburuk pembengkakan.

Membantu mengurangi racun

Ketika Anda minum air panas, atau saat mandi air hangat, sistem endokrin tubuh Anda mulai aktif dan Anda mulai berkeringat.

Keringat tersebut mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Risiko

Meskipun minum air hangat menawarkan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, perlu dicatat bahwa air hangat bukanlah penyembuh segala macam penyakit. Minum air yang terlalu panas merusak jaringan di kerongkongan Anda, membakar lidah Anda, dan membakar lidah Anda.

(Foto: lifepapers.sg)

YesDok Ads