Manfaat Menyusui Bayi di Malam Hari

February 26, 2023 | Aqiyu

Manfaat Menyusui Bayi di Malam Hari

Memiliki bayi baru lahir membuat sebagian besar orang tua harus rela begadang. Hal ini dikarenakan siklus tidur bayi baru lahir masih menyesuaikan dan belum bisa membedakan siang dan malam. Biasanya bayi akan banyak terbangun di malam hari dan mau tidak mau para orang tua menjadi tidak bisa tidur di malam hari. 

Bayi yang terjaga di malam hari bisa dikarenakan haus dan ingin menyusu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi lebih banyak minum ASI sebanyak 20% dibandingkan siang hari. Bayi yang kurang mendapatkan ASI di malam hari berpotensi memiliki berat badan yang rendah.

Manfaat Menyusui Bayi di Malam Hari

Untuk itu, para ibu sebaiknya tidak melewatkan menyusui bayi di malam hari. Apalagi mengabaikan tangisan bayi di malam hari yang sebagian besar menangis karena ingin menyusu. Selain itu, ternyata menyusui bayi di malam hari juga memiliki manfaat yang tidak terduga. Berikut ini deretan manfaat menyusui bayi di malam hari yang sayang jika dilewatkan:

ASI kaya triptofan

Perlu diketahui bahwa kandungan ASI di malam hari sangat kaya akan triptofan. Dimana kandungan tersebut memberikan rasa nyaman, stabilitas emosi dan kualitas tidur yang baik untuk bayi. Jadi, si kecil dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Hormon prolaktin lebih aktif

Di malam hari hormon prolaktin lebih aktif. Hormon prolaktin memiliki peran penting dalam menyusui. Karena hormon ini dapat merangsang produksi ASI. Bagi ibu menyusui yang sedang berjuang memperlancar ASI mungkin bisa menyusui si kecil di malam hari.

Mengimbangi growth spurt

Growth spurt merupakan lonjakan pertumbuhan yang pesat pada bayi. Tanda-tanda growth spurt adalah bayi akan merasa lapar terus menerus sehingga sering rewel dan menyusu terus dan bahkan beberapa ibu merasa kewalahan memberi ASI saat growth spurt. Nah, menyusui bayi di malam hari bisa membantu mengimbangi lonjakan pertumbuhan ini.

YesDok Ads

Membantu meningkatkan ASI

Prinsip menyusui adalah demand and supply. Artinya, produksi ASI akan meningkat saat permintaan si kecil terhadap ASI tinggi. Dengan menyusui di malam hari juga dapat menjaga suplai ASI agar jumlahnya meningkat keesokan harinya.

Meningkatkan kecerdasan bayi

Asi di malam hari kaya akan melatonin atau zat yang berfungsi sebagai peningkat kecerdasan otak. Selain itu, menyusui di malam hari bisa membantu menurunkan resiko sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS).

Berikut adalah manfaat menyusui bayi di malam hari bagi bayi dan juga ibu. Simak informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok

(Foto: First cry parenting)

YesDok Ads