Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau dan Lemon

June 21, 2021 | Iman

Teh hijau lemon

Teh hijau dengan jus lemon adalah minuman yang menenangkan yang dapat Anda nikmati kapan saja sepanjang hari. Kaya rasa dan mudah disajikan, minuman ini mampu meningkatkan khasiat terutama musim dingin.

Teh hijau dan lemon telah lama memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga. Berikut beberapa manfaat utama diantaranya.

1. Kaya akan antioksidan

Teh hijau dan lemon keduanya tinggi antioksidan, senyawa yang membantu melindungi terhadap peradangan dan kerusakan sel akibat oksidasi. Teh hijau, khususnya, kaya akan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin, asam klorogenat, dan theogallin.

Sedangkan lemon adalah sumber antioksidan asam askorbat, hesperidin, naringin, dan asam ferulat yang baik. Studi menunjukkan antioksidan memainkan peran kunci dalam kesehatan dan penyakit dan dapat melindungi terhadap kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.

2. Mempromosikan penurunan berat badan

Teh hijau dengan lemon bisa menjadi kombinasi yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak. Menurut satu ulasan dari 15 penelitian, minum teh hijau dengan jumlah EGCG yang lebih tinggi selama setidaknya 12 minggu dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh. 

3. Melindungi dari diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan melindungi terhadap diabetes tipe 2. Satu studi pada 92 orang dengan diabetes tipe 2 juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 16 minggu mengurangi resistensi insulin. Ini dapat membantu mendukung kontrol gula darah yang lebih baik.

YesDok Ads

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Satu ulasan melaporkan bahwa flavonoid, yang ditemukan dalam lemon dapat menekan peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mendukung kadar kolesterol yang sehat. Studi lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemon setiap hari mengalami penurunan tingkat tekanan darah, terutama ketika mereka juga berjalan secara teratur.

5. Mendukung kesehatan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dan lemon dapat menawarkan beberapa manfaat potensial untuk kesehatan otak. Studi lain menemukan bahwa sering mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan metabolisme protein tertentu yang terlibat dalam perkembangan penyakit Alzheimer.

6. Meningkatkan tingkat energi

Teh hijau adalah sumber alami kafein, yang merupakan stimulan sistem saraf pusat yang sering digunakan orang untuk meningkatkan tingkat energi mereka.

Studi menunjukkan bahwa selain melawan kelelahan, kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan fungsi kognitif dan fisik. Karena teh hijau dengan lemon mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi atau minuman energi, ini mungkin pilihan yang baik bagi mereka yang sensitif terhadap efek kafein dosis tinggi.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads