0 Point
Jus buah bit

Manfaat Mengonsumsi Jus Buah Bit Bagi Kesehatan

Ketika berbicara tentang kebiasaan makan sehat, kita sering berbicara tentang makan buah dan sayuran, dan para ahli juga menyarankan untuk menghindari ketergantungan jus karena kadar gulanya yang tinggi. Tapi, menurut sebuah studi baru, minum jus bit mempromosikan campuran bakteri mulut yang terkait dengan pembuluh darah dan fungsi otak yang lebih sehat.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Redox Biology', buah bit yang dicampurkan makanan lain termasuk selada, bayam, dan seledri kaya akan nitrat anorganik, dan banyak bakteri mulut berperan dalam mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, yang membantu mengatur pembuluh darah dan neurotransmisi (pesan kimia di otak). Studi ini menyoroti bahwa orang tua cenderung memiliki produksi oksida nitrat yang lebih rendah, dan ini terkait dengan kesehatan vaskular (pembuluh darah) dan kognitif (otak) yang lebih buruk.

Dalam studi baru oleh University of Exeter, 26 orang tua yang sehat mengambil bagian dalam dua periode suplementasi sepuluh hari: satu dengan jus bit kaya nitrat dan satu lagi dengan jus plasebo bebas nitrat, yang mereka minum dua kali sehari.

Hasilnya menunjukkan tingkat bakteri yang lebih tinggi terkait dengan kesehatan pembuluh darah dan kognitif yang baik, dan tingkat bakteri yang lebih rendah terkait dengan penyakit dan peradangan. Tekanan darah sistolik turun rata-rata lima poin (mmHg) setelah minum jus bit.

"Kami sangat senang dengan temuan ini, yang memiliki implikasi penting untuk penuaan yang sehat," kata penulis utama studi dari Universitas Exeter, Anni Vanhatalo.

Penelitian sebelumnya telah membandingkan bakteri mulut orang muda dan orang tua, dan orang sehat dibandingkan dengan mereka yang memiliki penyakit, tetapi Vanhatalo adalah yang pertama menguji diet kaya nitrat dengan cara ini.

Vanhatalo lebih lanjut mencatat bahwa menambahkan makanan kaya nitrat ke dalam makanan dalam hal ini melalui jus bit  hanya selama sepuluh hari dapat secara substansial mengubah mikrobioma oral (campuran bakteri) menjadi lebih baik.

Ambil 2 buah bit ukuran sedang, kupas, dan potong dadu kecil. Juga, kupas dan potong jahe segar sepanjang 1 inci. Tambahkan mereka bersama-sama dalam blender dan haluskan hingga halus. Tambahkan air untuk mengatur kekentalan. Anda dapat menambahkan garam, merica, dan jus lemon sesuai selera.

“Singkatnya, ini semua tentang makan dan minum yang sehat untuk menjaga mekanisme tubuh tetap lancar dan berfungsi efektif,” Vanhatalo menambahkan.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok