Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil

February 27, 2023 | Iman

Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil

Mendengarkan musik saat hamil dapat memberikan beragam manfaat bagi ibu hamil. Selain dapat meredakan rasa cemas, mendengarkan musik juga membuat ibu hamil lebih rileks dan tenang dalam menjalani masa kehamilan. Apa saja manfaat mendengarkan musik saat hamil.

Alunan irama pada musik diketahui dapat memengaruhi pikiran dan suasana hati setiap orang yang mendengarkannya, termasuk ibu hamil. Perubahan hormon yang dialami ibu hamil pada masa kehamilan menimbulkan berbagai keluhan, termasuk rasa cemas dan suasana hati yang tidak stabil.

Bahkan tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa mendengarkan musik saat hamil baik untuk perkembangan janin. Bahkan, tidak jarang yang menganggap satu jenis musik tertentu bisa membuat janin lebih cerdas kelak.

Namun hingga kini, para ahli belum dapat membuktikan bahwa mendengarkan musik pada janin dapat menjadikannya lebih cerdas/ pintar.

Manfaat Mendengarkan Musik saat Hamil

Namun, mendengarkan musik saat hamil dapat memberikan beragam manfaat bagi ibu hamil. Berikut manfaat mendengarkan musik saat hamil;

1. Mengatasi keluhan saat sulit tidur

Perpaduan irama dan lirik dalam musik bisa membuat tubuh dan pikiran ibu hamil lebih rileks. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik selama 4 minggu berturut-turut memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik sama sekali.
Penelitian tersebut membuktikan bahwa musik dapat mengatasi keluhan sulit tidur yang dialami ibu hamil.

2. Menjaga kestabilan tekanan darah

Relaksasi yang dihasilkan saat mendengarkan musik, membuat tekanan darah ibu hamil lebih stabil. Efek ini juga dapat mencegah ibu hamil dari komplikasi kehamilan yang dapat terjadi akibat darah tinggi dan salah satunya adalah preeklamsia.

YesDok Ads

Bila tidak segera ditangani, preeklampsia bisa berkembang menjadi eklampsia yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, baik pada ibu maupun janin.

3. Menghilangkan stres dan cemas

Proses kehamilan sering kali menimbulkan stres dan rasa cemas, terutama bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Stres dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.
Tidak hanya itu, stres atau bahkan depresi yang dirasakan ibu hamil juga bisa berdampak pada bayi saat lahir kelak, seperti meningkatkan risiko anak terkena ADHD dan bahkan berdampak pada perkembangan kognitifnya.

Mendengarkan musik bisa menjadi solusi bagi ibu hamil untuk mengatasi stres saat hamil. Studi mengungkapkan bahwa mendengarkan musik berirama pelan dan lembut dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi pada ibu hamil.

4. Mengurangi nyeri saat hamil

Selain menstabilkan tekanan darah, efek relaksasi saat mendengarkan musik juga dapat meredakan rasa nyeri yang kerap muncul saat hamil, baik nyeri punggung, nyeri perut, hingga sakit kepala.

Hal ini dapat terjadi karena tubuh secara alami akan menghasilkan hormon endorfin atau pereda sakit alami, termasuk saat Anda mendengarkan musik yang disukai. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat mendengarkan musik saat hamil.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads