Manfaat Memelihara Tanaman di Rumah Untuk Kesehatan Anda

May 29, 2020 | Kaifia

Tanaman lidah mertua.

Tanaman dapat menghidupkan dan mempercantik ruangan di rumah Anda. Tidak hanya itu, memiliki tanaman di dalam rumah juga dapat bermanfaat dengan kesehatan.

Walaupun jika Anda jarang memperhatikan kehadiran tanaman tersebut, melihat tanaman tanpa sadar dapat membuat Anda merasa tenang dan santai.

Inilah alasan mengapa memelihara tanaman dalam rumah bermanfaat bagi kesehatan Anda

Anda akan menghirup udara yang lebih segar

Penelitian menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan membantu menghilangkan udara dari racun dan polutan dalam ruangan.

Tanaman adalah pembersih udara pertama di alam. Mereka dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya dari bahan bakar, peralatan, dan pakaian. 

Meningkatkan suasana hati 

Menurut Texas Agriculture & Medicine University, orang yang peduli terhadap alam akan cenderung peduli dengan orang lain. Memelihara tanaman dapat meningkatkan rasa kepedulian serta hubungan Anda dengan sekitar.

Sebuah studi juga menemukan bahwa bunga memiliki dampak langsung pada kebahagiaan dan meningkatkan daya ingat yang kuat.

YesDok Ads

Meningkatkan produktivitas

Sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang akan lebih berkonsentrasi pada pekerjaannya apabila dikelilingi oleh tanaman.

Menaruh tanaman di meja dapat menumbuhkan kembali perhatian dan menjaga indera dan otak kita tetap berjalan.

Meningkatkan kualitas tidur 

Tumbuhan menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen. Begitulah cara mereka menghasilkan makanan melalui bantuan sinar matahari, suatu proses yang disebut fotosintesis. Taruhlah beberapa pot tanaman di kamar tidur Anda agar memberikan ketenangan saat tidur.

Mengurangi stres

Sedang merasa tertekan oleh pekerjaan? Cobalah memelihara lidah mertua untuk dekorasi Anda. Tanaman tersebut dapat membantu Anda lebih rileks. Beberapa penelitian telah mengukur tekanan darah, detak jantung, dan hormon stres kortisol saat Anda menangani tugas yang sulit atau sedang dibawah tekanan. Dikelilingi oleh tanaman memberikan efek ketenangan untuk Anda.

(Foto: blog.leonandgeorge.com)

YesDok Ads