Manfaat Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

June 10, 2022 | Helmi

ilustrasi pendinginan

Pendinginan adalah bagian penting setelah Anda berolahraga. Pendinginan dapat berlangsung selama 3–10 menit dan mencakup peregangan atau variasi lebih santai dari gerakan yang Anda lakukan selama latihan. 

Tujuan pendinginan setelah berolahraga adalah untuk memungkinkan detak jantung dan pernapasan Anda kembali normal dan untuk meningkatkan relaksasi

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari latihan Anda, penting untuk menyelesaikannya dengan pendinginan. 

Manfaat Penting dari Pendinginan Setelah Olahraga

Anda mungkin tergoda untuk melewatkan pendinginan setelah berolahraga, tetapi ada beberapa alasan mengapa pendinginan itu penting.

Memungkinkan Detak Jantung menjadi Normal

Sebagian besar bentuk olahraga menyebabkan detak jantung Anda meningkat. Latihan kardiovaskular, juga disebut latihan aerobik, dapat meningkatkan detak jantung Anda secara substansial

Di akhir latihan Anda, Anda ingin detak jantung Anda kembali normal secara perlahan, terutama jika Anda telah melakukan aktivitas tingkat tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. 

Dengan keluar dari latihan secara perlahan dan pendinginan selama beberapa menit, Anda akan membantu tubuh Anda menghindari pusing atau rasa ingin pingsan.

Memperlambat Pernapasan

Ketika detak jantung Anda meningkat dengan olahraga, pernapasan Anda juga menjadi lebih dalam. Ini adalah tanda bahwa Anda bekerja keras dan membakar lebih banyak kalori dengan olahraga. 

Pendinginan memungkinkan napas Anda secara bertahap kembali ke ritme yang sama sebelum Anda memulai latihan.

YesDok Ads

Meningkatkan Relaksasi

Salah satu manfaat terpenting dari olahraga adalah meningkatkan kepercayaan diri.4 Pendinginan Anda adalah kesempatan besar bagi Anda untuk merenungkan pencapaian Anda dan memberi penghargaan pada diri sendiri atas kerja keras yang Anda lakukan selama latihan.

Hal ini dapat meningkatkan rasa relaksasi dan kesejahteraan dan meningkatkan motivasi Anda.

Risiko Tidak Melakukan Pendinginan

Jika Anda memilih untuk melewatkan pendinginan dan mengakhiri latihan Anda dengan repetisi atau sprint terakhir, Anda mungkin berisiko mengalami beberapa potensi kerugian.

Sakit kepala ringan dan pusing

Saat Anda berolahraga, jantung Anda memompa darah ke kaki dan lengan Anda dengan kecepatan yang meningkat sebelum bersirkulasi kembali ke jantung Anda.

Dengan menghentikan olahraga secara tiba-tiba tanpa pendinginan, darah mungkin terkumpul di anggota tubuh Anda dan kembali ke jantung Anda dan otak melambat. Ini dapat menyebabkan pusing, pusing, atau pingsan.

Baik Anda berlari, mengangkat beban, atau melakukan latihan interval intensitas tinggi, berhenti dengan repetisi dan menyelesaikan latihan daripada membiarkan tubuh Anda menyesuaikan diri dengan periode istirahat dengan detak jantung standar secara perlahan dapat menyebabkan kecelakaan mendadak.

Penumpukan Asam Laktat

Sepanjang latihan Anda, Anda menumpuk asam laktat, terutama saat melakukan latihan intensitas tinggi. Dengan melakukan pemulihan singkat, Anda dapat membantu "membuang" asam laktat dari tubuh Anda secara perlahan. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa pendinginan membantu menunda kelelahan otot dan dapat membantu dalam latihan yang lebih baik dan lebih efisien.

YesDok Ads