Manfaat Melakukan Child Pose Setiap Hari

December 18, 2022 | Aqiyu

Manfaat Melakukan Child Pose

Olahraga dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit per hari. Bagi Anda yang sibuk dan tidak dapat meluangkan waktu untuk berolahraga, melakukan child pose adalah hal tepat yang bisa Anda mulai biasakan. Karena gerakan child pose yang sederhana ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Child pose merupakan salah satu gerakan dalam yoga. Child pose adalah gerakan yang biasanya digunakan untuk diam sejenak dan mengambil napas. Posisi child pose melibatkan dua tangan memanjang ke depan dan melebarkan lutut dengan jari menyentuh satu sama lainnya. Kemudian posisikan dada turun diantara paha. Kenapa gerakan child pose ini direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari? Karena hanya dengan melakukannya minimal 3 menit, Anda dapat menenangkan dan membuat rileks tubuh Anda.

Gerakan child pose cocok dilakukan kapan saja, baik di pagi hari sebelum melakukan aktivitas ataupun setelah Anda selesai bekerja. Manfaat yang bisa Anda dapatkan diantaranya:

  1. Melepaskan tekanan dari punggung bawah.
  2. Memperkuat lutut Anda.
  3. Meningkatkan peredaran darah.
  4. Menyehatkan sistem pencernaan Anda.
  5. Membantu melepaskan rasa penat Anda.
  6. Meregangkan tulang belakang.
  7. Meningkatkan energi dalam tubuh.
  8. Memberikan ketenangan pikiran.
  9. Membantu mengaktifkan dan memijat organ dalam.
  10. Peregangan kaki, bahu dan paha depan agar lebih rileks.

Cara melakukan child pose yoga ini sangat mudah. Langkah pertama, ambil posisi duduk diatas matras, berikutnya sentuh jempol kaki dan duduknya di atas tumit dan buka lutut selebar pinggul. Saat melakukannya, buanglah napas dan perlahan menurunkan dada di antara paha serta lebarkan lagi bagian belakang pinggul. Lalu letakkan tangan di lantai dan berada di samping tubuh. Telapak tangan menghadap atas dan lepaskan bahu ke lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik hingga 3 menit, sesuai dengan kemampuan masing-masing.

YesDok Ads

Jika Anda belum pernah melakukan gerakan yoga sama sekali, jangan khawatir. Karena gerakan child pose ini cocok bagi pemula dan memiliki risiko cedera yang rendah. Selamat mencoba! 

Berikut adalah Manfaat Melakukan Child Pose bagi kesehatan. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: verywell fit)

YesDok Ads