Manfaat Mandi Air Hangat bagi Orang Demam

February 04, 2023 | Kaifia

Manfaat Mandi Air Hangat

Saat seseorang sedang alami demam atau flu, biasanya hal yang dilakukan untuk meredakannya yaitu dengan mandi air hangat. Mandi air hangat mampu melembabkan saluran hidung Anda serta membuat kondisi Anda menjadi rileks. Lantas apa saja manfaat mandi air hangat bagi penderita demam?

Berapa suhu tubuh dikatakan demam?

Mengutip dari artikel King Wooder, suhu tubuh rata-rata berkisar antara 36,1 C dan 37,2 C namun hal ini dapat alami perubahan seiring Anda menjalani aktivitas keseharian. Lansia cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih rendah daripada orang muda.

Cobalah untuk memeriksa suhu Anda menggunakan termometer apabila Anda mencurigai adanya demam. Panas 38 C sudah dikategorikan demam

Mandi air hangat untuk meredakan demam

Meskipun mandi air hangat tidak akan secara langsung membuat demam Anda hilang, mereka mampu membantu mengatasi gejala yang tidak nyaman akibat sensasi panas dalam tubuh tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mandi air hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot yang sakit. Saat Anda berada di bawah pancuran air hangat, hal tersebut memungkinkan kelegaan dan kenikmatan tertentu serta membuat tubuh Anda merasa lebih baik setelahnya.

YesDok Ads

Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu hindari berendam di air dingin ketika demam terutama jika suhu tubuh Anda termasuk tinggi. Mandi air dingin dapat meningkatkan suhu tubuh akibatnya demam Anda tidak kian menurun.

Selain mandi hangat, salah satu cara terbaik untuk menurunkan demam yaitu memastikan cairan tubuh Anda terpenuhi. Minumlah setidaknya 8 hingga 12 gelas air dalam sehari dalam upaya menggantikan cairan atau mineral dalam tubuh yang hilang.

Apabila mandi bukanlah prioritas utama Anda selama demam berlangsung, Anda dapat mencoba dengan membersihkan tubuh menggunakan waslap basah yang dibaurkan ke dahi atau pergelangan tangan.

Berikut adalah manfaat mandi air hangat bagi orang demam. Simak lebih lanjut mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads