Diet
+1

Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

June 30, 2020 | Kaifia

Magnesium.

Magnesium merupakan zat yang penting bagi tubuh. Zat mineral ini memainkan peran penting dalam reaksi enzim tubuh manusia. 

Banyak fungsinya termasuk membantu fungsi otot dan saraf, mengatur tekanan darah, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kekurangan magnesium dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Almond, bayam, dan kacang mete adalah beberapa makanan yang mengandung magnesium tertinggi. Jika seseorang tidak bisa mendapatkan magnesium yang cukup melalui diet mereka, dokter mereka dapat merekomendasikan mengonsumsi suplemen.

Manfaat

Kesehatan tulang

Sementara sebagian besar penelitian telah berfokus pada peran kalsium dalam kesehatan tulang, magnesium juga penting untuk pembentukan tulang yang sehat.

Sebuah penelitian tahun 2013 mengatakan bahwa asupan magnesium yang cukup dapat meningkatkan kepadatan tulang, peningkatan pembentukan kristal tulang, dan risiko osteoporosis yang lebih rendah pada wanita setelah menopause.

Kesehatan kardiovaskular

YesDok Ads

Tubuh memerlukan magnesium untuk menjaga kesehatan tulang termasuk kesehatan jantung. Para peneliti mengatakan bahwa asupan magnesium yang cukup memerankan peran yang penting dalam kesehatan kardiovaskular.

Migrain

Terapi magnesium dapat membantu mencegah atau mengurangi sakit kepala. Kekurangan magnesium dapat memengaruhi neurotransmitter dan membatasi penyempitan pembuluh darah.

Orang yang kerap mengalami migrain memiliki kadar magnesium yang rendah di dalam darah dan jaringan tubuh. Kadar magnesium pada otak bisa rendah ketika seseorang menderita migrain. 

Kecemasan

Kadar magnesium juga berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Menurut tinjauan sistematis dari 2017, kadar magnesium yang rendah mungkin memiliki hubungan dengan tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

(Foto: noted.co.nz)

YesDok Ads