Manfaat Madu untuk Mengelola Kolesterol dan Kadar Gula Darah

November 28, 2022 | Helmi

manfaat madu

Sebuah analisis baru dari University of Toronto menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dapat membantu orang mengelola kolesterol tinggi atau kadar gula darah.

Manfaat kesehatan madu sangat kuat sehingga statusnya sebagai pemanis tambahan mungkin harus dipertimbangkan kembali, para peneliti menyimpulkan.

“Hasil ini menunjukkan bukan itu masalahnya, dan mereka harus menghentikan penunjukan madu sebagai gula gratis atau tambahan dalam pedoman diet,” ujar salah satu peneliti, John Sievenpiper, MD, PhD.

Secara khusus, para peneliti menemukan bahwa makan madu dikaitkan dengan penurunan glukosa darah puasa, yang merupakan ukuran gula dalam darah yang digunakan untuk mendiagnosis diabetes. Analisis mereka juga menunjukkan peningkatan kesehatan jantung seperti kadar kolesterol dan trigliserida.

YesDok Ads

Diterbitkan bulan ini di jurnal Nutrition Review, penelitian tersebut mensintesis data dari 18 uji coba terkontrol sebelumnya dengan gabungan 1.105 peserta.

Manfaat madu sangat jelas ketika madu berasal dari satu sumber bunga, terutama semanggi dan robinia. Manfaat madu mentah juga terlihat, dibandingkan dengan yang diproses.

Pedoman diet federal merekomendasikan bahwa akun gula tambahan kurang dari 10% dari kalori harian. The American Heart Association mengatakan madu "tidak ideal untuk konsumsi sehari-hari", menunjuk pada dampak kalorinya sebesar 64 kalori per sendok makan dengan serat, vitamin, atau protein minimal.

“Kami tidak mengatakan Anda harus mulai mengonsumsi madu jika saat ini Anda menghindari gula,” kata rekan penulis Tauseef Khan, PhD. “Intinya lebih pada penggantian – jika Anda menggunakan gula meja, sirup, atau pemanis lainnya, mengganti gula tersebut dengan madu dapat menurunkan risiko kardiometabolik.”

YesDok Ads